Selasa, 28 Oktober 2008

Pemusnahan Makanan Bermelamin Berlangsung Tertutup

Pemusnahan makanan bermelamin di TPS Setu, Bekasi.

Bekasi: Pemusnahan 12 truk produk makanan bermelamin akhirnya dilaksanakan di Tempat Pembuangan Sampah Setu, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/10) malam. Pemusnahan digelar tertutup, tanpa publikasi dan hanya diawasi petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Cara seperti ini menuai protes dari Yayasan Konsumen Kesehatan Indonesia. Apalagi sebelumnya rencanan tersebut telah tertunda. Sedianya pemusnahan akan dilangsungkan kemarin siang, namun tiba-tiba Menteri Kesehatan mengumumkan penundaan [baca: Batal, Pemusnahan Produk Bermelamin].

Makanan yang dimusnahkan ini adalah hasil razia Badan POM selama satu bulan terakhir. Razia digelar menyusul pengumuman Departemen kesehatan RI yang mengumumkan produk cina mengandung melamin yakni Susu Guozen, Oreo Stik Wafer, Coklat M&M'S, Snickers, Permen White Rabbit, Soybean Drink With Milk, Soyspring Instant Milk Cereal dan Soyspring Instan Peanut Milk. Sebelumnya, susu bermelamin merebak sejak ditemukan di Cina. Dilaporkan empat bayi meninggal dan lebih dari 3.000 anak menderita gangguan ginjal.
◄ Newer Post Older Post ►