Selasa, 28 Oktober 2008

Biarkan Cina Tidur, Kalau Bangun Dunia akan Repot

‘’Hidup Cina,’’ teriak ribuan orang yang mengikuti perayaan ulang tahun Partai Komunis Cina di lapangan Tiananmen saat rudal balistik dan persenjataan canggih melintas di depan mereka. Berada di antara kerumunan warga Cina, di sore menjelang senja, sepuluh tahun lewat itu, saya tak kuasa menahan kagum melihat semua keperkasaan itu. Saya berada di Beijing atas undangan Departemen Luar Negeri Cina untuk menghadiri ulang tahun Partai Komunis Cina.

Otot militer Cina yang berisi itu, pikir saya, akan mengubah peta politik dunia. Tapi ternyata saya salah. Bukan karena militer semata yang membuat Cina diperhitungkan, melainkan karena ekonomi dan penguasaan teknologi tingginya.

Datang dengan pemahaman bahwa negara ini masih jauh dari keperkasaan ekonomi, dengan perasaan penuh takjub, saya menikmati tur ke sejumlah perusahaan dan industri yang dengan gagahnya mempertontonkan kepada kami pencapaian teknologi dan penguasaan pasar mereka.

Sepuluh tahun lewat, dunia dibuat tercengang dengan kesuksesan negara ini mengirim misi berawak ke luar angkasa dan berhasil ke luar dari peswat untuk berjalan-jalan di antariksa. Ini langsung membuat Cina naik kelas ke deretan negara yang menguasai teknologi tinggi, yang jumlahnya memang sedikit. Peta politik dunia benar-benar telah berubah. Soviet runtuh, Cina menggantikan, meski dengan idiologi komunis yang telah bergeser ke kanan. Dari kepentingan perdamaian, dunia membutuhkan Cina yang kuat untuk menjamin perimbangan kekuatan. Sudah terlalu lama Amerika mengusai dunia tanpa penghalang.

Tapi, Cina rupanya terlalu bernafsu. Begitu inginnya mereka muncul sebagai kekuatan yang diperhitungkan, terutama dalam bidang ekonomi, apapun dilakukannya. Tak peduli melanggar hukum atau membahayakan kesehatan manusia, asal bisa menguasai pasar, apapun dilakukan. Maka, keluarlah susu yang dicampur dengan zat kimia bernama melamin. Zat ini akan mengelabui tes sehingga kandungan protein produk terlihat tinggi.

Benar kata Napoleon, ‘’Biarkan Cina tidur nyenyak, kalau bangun dunia akan dibikin repot.’’ Pernyataan ini bisa ditafsirkan ganda. Dalam arti sesungguhnya, dunia kini, terutama Amerika, akan kerepotan jika kekuatan militer dan teknologi canggih Cina bangkit. Dalam arti yang lain, dunia juga dibuat susah karena kebangkitan Cina membawa kesusahan para konsumen dunia. Dan, ini bukan kali pertama produk Cina bermasalah.

Mungkin beginilah jadinya kalau jalan ideologi yang ditempuh abu-abu. Percampuran aneh antara komunisme dan kapitalime menghasilkan senyawa yang tidak jelas bentuk dan sifatnya.

◄ Newer Post Older Post ►