Selasa, 28 Oktober 2008

Obama Kuasai Ohio, McCain Panik

Barrack Obama

Ohio: Hasil jajak pendapat calon presiden Amerika Serikat yang digelar delapan surat kabar terkemuka di Negara Bagian Ohio, baru-baru ini, menempatkan Barrack Obama sebagai pemenang. Senator asal Illonouis itu memimpin tiga persen suara atas rivalnya John McCain. Padahal sebulan lalu, MccCain masih memimpin enam persen poin atas Obama.

Perolehan itu semakin menyudutkan McCain. Apalagi Ohio merupakan salah satu negara bagian yang memberi garansi kemenangan bagi calon presiden AS. Terbukti tak ada presiden dari Kubu Republik yang melaju ke Gedung Putih tanpa membawa kemenangan di Ohio. Presiden Bush pun tercatat membawa dua kali kemenangan dari negara tersebut.

Tapi Ohio tak lagi menjadi jaminan bagi Kubu Republik. Popularitas Obama yang menanjak dalam sejumlah jajak pendapat juga menuntut McCain untuk bertarung habis-habisan mengamankan suara Ohio. Sementara itu, sembilan hari menjelang pemilu, Obama justru memfokuskan kampanye di sejumlah negara bagian yang menjadi katu truf kemenangan republik seperti Colorado, Nevada dan New Mexico. Dalam kampanyenya, Obama menyatakan McCain berpandangan tak jauh berbeda dengan Presiden Bush.
◄ Newer Post Older Post ►