Selasa, 05 April 2011

SL PHT padi bagi petani

Sumber-25 Petani warga desa Tlogotungggal, kecamatan Sumber, mulai bulan Maret hingga bulan Juni 2011, mengikuti sekolah lapang pengendalian hama terpadu (SLPHT) dibalai desa setempat. Kegiatan dibagi menjadi 2 tahap, yakni pemaparan dan praktek lapangan.


PPL BPP kecamatan Sumber-Joko Pramono mengatakan, dipilihnya desa Tlogotunggal sebagai sasaran SLPHT karena di desa bersangkutan dan sekitarnya, saat ini kondisi lahan pertanian banyak yang terserang hama wereng. Sehingga penerapan SLPHT bagi petani di desa Tlogotungal tepat sasaran. Karena itu SL PHT bertujuan melatih petani mengaplikasikan tanaman padi yang sehat dan bisa menjadi contoh bagi petani lainnya.


Joko Pramono mengharapkan dengan adanya pelatihan ini nantinya para peserta mampu menjadi pioner di lingkungan sebagai pengendali hama tanaman padi.


Berdasarkan data yang ada di BPP kecamatan Sumber, dari 1.800-an hektar tanaman padi walik dami di wilayah kecamatan Sumber, 73 hektarnya mengalami puso, 86 hektarnya terserang wereng berat, 91 hektarnya dalam kategori sedang dan 157 hektar terserang wereng kategori ringan.

◄ Newer Post Older Post ►