Jumat, 08 April 2011

Mengembangkan potensi ternak unggas hias

Dalam peternakan komersial seperti ayam petelur dan ayam pedaging, selain konsistensi dan kesabaran dukungan permodalan tetap merupakan faktor utama untuk pengembangan usaha tersebut. Berbeda dengan peternakan unggas hias, menurut saya, permodalan malah bukan merupakan faktor utama untuk mencapai kesuksesan.

Karena dalam peternakan unggas hias ini, besar kecilnya usaha tidak hanya ditentukan dengan besar kecilnya populasi saja, melainkan hanya ditentukan dari seberapa besar nama yang bisa di bentuk oleh peternak tersebut. Banyak yang menganggap bahwa dengan dukungan modal yang besar seseorang bisa memperoleh profit yang tinggi pula dalam peternakan unggas hias ini. Tetapi dari beberapa kasus yang lihat, justru sebenarnya banyak peternak unggas hias yang gagal justru karena terlalu berambisi dalam pengembangan ternaknya hanya dengan menambah permodalanya saja.

Kembali kepermasalahan nama, brand image atau citra yang terbentuk, kita tidak hanya bisa membuatnya dengan hanya membeli indukan yang mahal saja. Kadang banyak yang berpikir jika kita membeli indukan yang sudah ternama atau mahal maka produksi dari ternakan kita akan dengan mudah diterima pasar. Inilah salah satu penyebab dari banyaknya kegagalan para peternak unggas hias. Bagaimanapun juga sebuah citra itu akan terbentuk tetap membutuhkan proses dan waktu, jadi justru konsistensi dan kesabaran itulah yang menjadi faktor penentu untuk kesuksesan peternakan unggas hias anda.
◄ Newer Post Older Post ►