Kamis, 07 April 2011

Petani beralih menanam Palawija

Sumber-Sebagian Petani dikecamatan sumber membabat tanaman padinya yang berumur sekitar 2 bulan untuk pakan ternak, pasalnya pada musim tanam kedua atau walik dami justru mengalami kegagalan akibat puso,dan sebagian akibat diserang hama wereng.


Salah satunya dialami petani asal desa Kedung watu-Kasbu. Ia menuturkan karena lahan padinya mengalami puso akhirnya terpaksa dibabat, Lahan ini nantinya akan dialihkan dan dimanfaatkan untuk tanaman palawija, seperti kacang hijau atau kacang panjang.


Hal senada juga diungkapkan oleh petani asal desa Jadi-Yasmin, Ia mengalami hal serupa, karena lahan padinya terserang wereng, sehingga terpaksa Ia beralih ke Palawija karena mudah Perawatannya.


Secara terpisah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Sumber-Joko Pramono menerangkan, berdasarkan data yang ada di kantornya dari 1.847 hektar lahan walik dami sewilayah kecamatan Sumber, yang mengalami puso sebanyak 73 hektar, 86 hektar terserang wereng cukup parah, 91 hektar dalam kategori sedang dan 157 hektar terserang wereng dalam kategori ringan.

◄ Newer Post Older Post ►