Jumat, 08 April 2011

BUPATI PIMPIN RAKOR BULAN APRIL


Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan rutin setiap bulannya mengadakan Rapat Koordinasi bulanan. Rapat Koordinasi kali ini di selenggarakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Padanga Batung, Kamis (7/4).

Acara tersebut dipimpin oleh Bupati HSS Dr.H.M.Safi’i,M.Si dan pada acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati HSS H.Ardiansyah,S.Hut, Sekretaris Daerah Drs. H. Achmad Fikry,M.AP, para Kepala SKPD, Camat se Kab.HSS dan para Kepala Bagian di Lingkup Sekretariat Daerah HSS.

Rapat Koordinasi ini diawali dengan mendengarkan laporan hasil rapat Komisi Independen Pemantau Pelayanan Publik (KIP3) Kabupaten. Dalam kesempatan tersebut Bupati HSS mengatakan yakni menyikapi karena masih belum besarnya dana perimbangan yang di dapat oleh Kab.HSS baik dana perimbangan yang bersumber dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Propinsi, dimana HSS sebagai daerah penghasil batu bara mendapatkan dana perimbangan pada tahun 2011 ini kurang lebih 64 milyar dan besaran ini hampir sama dengan Kabupaten/Kota lain di Kal-Sel yang tidak menjadi penghasil batu bara.

Selanjutnya Bupati menghimbau agar bisa memantapkan ketahanan pangan di HSS. Kemudian Bupati meminta kepada Wakil Bupati dengan di damping instansi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM untuk mengantisipasi menghadapi apapun yang terjadi dibulan juni sebelum musim tanam, menyegerakan semua komponen yang terlibat dalam percepatan musim tanam dibulan Juni dan bisa panen bulan September, lakukan mobilisasi semua komponen dalam rangka memobilisasi pembangunan khususnya di daerah rawa seperti di Daha Utara, Daha Selatan, Kandangan dan Kalumpang serta menyiapkan semua fasilitas yang bisa di back up kepada masyarakat dan juga koordinasikan dengan Pemerintah Propinsi.

Dan kepada para Camat yang terlibat seperti Camat Daha Utara, Daha Selatan, Kandangan dan Kalumpang sebagai penguasa wilayah agar dapat memfasilitasi dan mengkoordinasikan baik-baik dengan para petani dan kelompok tani.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menghimbau kepada semua komponen yang terkait seperti masyarakat, orang tua, kepala sekolah dan guru dalam rangka menghadapi ujian nasional yang sudah di ambang pintu agar ikut serta mensukseskan ujian nasional karena ujian nasional merupakan tanggung jawab bersama.

Kemudian Bupati berharap kepada Dinas dan Badan untuk menyiapkan lebih awal rencana strategis memasuki tahun 2011 yang perencanaannya harus di siapkan dalam APBD Perubahan sehingga tidak ada lagi kendala dalam menghadapi pelaksanaannya. Kepada semua individu selaku pimpinan SKPD agar dapat mengevaluasi diri. Kedepannya nanti semua pegawai di HSS mempunyai kartu identitas seperti kartu kredit yang bisa melihat kompetensi baik dari segi pendidikan maupun pengalamannya. Kartu identitas ini direncanakan akan di launching pada hari jadi Kabupaten HSS tahun 2011 mendatang.

Bupati menghimbau agar mantapkan program ampih miskin dan juga mantapkan kegiatan-kegiatan di lapangan. Dan mengenai persiapan penilaian adipura tahap ke II yang masih bisa di tingkatkan seperti sekolah, pasar, terminal antar Kabupaten yang harus dibenahi serta menyiapkan titik-titik pengembangan hutan kota di lingkungan Rumah Sakit sampai Kantor Bupati. Beliau mengutarakan bahwa gerakan menanam pohon yang bertanggung jawab adalah setiap rumah tangga dan perkantoran di HSS. Kepada Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan untuk memantapkan kelompok perikanan dan kepada para Camat untuk membina dan menyiapkan yang layak untuk menjadi percontohan kelompok perikanan. (siska_hms)

◄ Newer Post Older Post ►