Sabtu, 16 April 2011

Peluang Budidaya Ternak Ikan Arwana

Peluang budidaya ternak ikan arwana dapat dilakukan dalam aquarium atau pada kolam biasa.


Ikan arwana ini merupakan ikan hias yang digemari diberbagai belahan dunia dan telah lama dikembangkan teknik budidaya ikan arwana ini dengan pembesaran di akuarium. Namun pada tahun 2000 Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar berhasil memijahkan ikan secara alami.

Tahap budidaya dimulai dari seleksi benih yang akan dipijahkan. Pematangan gonad dapat dilakukan di aquarium dengan ukuran 80 x 60 x 50 cm dan isi dengan air setinggi 40cm. Pilih induk arwana kemudian dimasukan kedalam aquarium yang telah disiapkan. Pemijahan arwana dilakukan di kolam tanah ukuran 1.000 m2 dan diisi air setinggi 70 cm. Air harus mengalir secara terus menerus kemudian masukan indukan ikan arwana kedalam kolam. Anda tinggal memberi pakan karena ikan akan memijah secara alami.

Setelah beberapa bulan maka datanglah musim panen yaitu tiga bulan setelah musim hujan, sekitar bulan Juli dan Agustus. Cara memanen sangat mudah anda tinggal menyurutkan ketinggian air dan tangkap induk arwana dengan sekup net halus, kemudian ambil benih arwana yang dihasilkan dan siap di tebar ke dalam akuarium pembesaran.
◄ Newer Post Older Post ►