Kamis, 14 April 2011

Lomba Karawitan Putri

Rembang-Sebanyak 10 peserta karawitan putri dari beberapa kecamatan pagi tadi mengikuti lomba karawitan putri di pendopo Kabupaten. Lomba yang diselenggarakan Dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olah raga kabupaten rembang untuk memeriahkan hari kartini dan mewujudkan kemandirian wanita.


Kepala bidang Kebudayaan Karsono mengatakan, lomba karawitan putri digelar sebagai upaya nguri-nguri dan melestarikan budaya jawa yang adiluhung. khususnya diperuntukkan bagi ibu-ibu karena peranannya dominan dalam kegiatan dimasyarakat maupun dikeluarga.


Karsono menjelaskan Materi lomba dibagi 2 yakni Gending wajib dan pilihan. Untuk gending Wajib meliputi Ladrang, Wahyu laras slendro pathet manyura. Gending pilihan meliputi , lancaran RA kartini laras pelog pathet lima, lancaran Rembang bangkit laras Pelog pathet nem dan lancaran Endahing kutha Rembang laras Slendro pathet Songo.


Sedangkan untuk kriteria penilaian lomba diantaranya Laras, Tehnik, penyajian dan harmonisasi. Bagi juara 1, II dan III mendapatkan piagam dan uang pembinaan dari panitia.

◄ Newer Post Older Post ►