Jumat, 01 April 2011

Bupati Serahkan Stiker Kurang Mampu

Sale-Bertempat di Gedung KPRI Kecamatan Sale Bupati Rembang H. Moch Salim hari kamis menyerahkan secara simbolis stiker dan kartu Jaminan Kesehatan Rembang Sehat (JKRS) bagi warga yang kurang mampu di Kabupaten Rembang. Kegiatan berlangsung pada acara dinamika pembangunan dan pemerintahan


Bupati mengatakan, pemberian dan penempelan stiker dirumah bagi warga yang kurang mampu murni merupakan ikhtiar/usaha untuk menyelesaikan permasalahan pelaksanaan program pengentasan kemiskinan agar sesuai dengan yang diharapkan serta tepat sasaran. Bupati mencontohkan selama ini di beberapa daerah pemberian bantuan seperti raskin sering tidak tepat sasaran. Ada beberapa daerah disinyalir membagi rata jatah raskinnya tidak sesuai dengan data rumah tangga sasaran.


Bupati menerangkan penempelan stiker warga kurang mampu berfungsi untuk banyak hal seperti pelaksanaan pengobatan gratis, pendidikan gratis, pembagian raskin serta bantuan sosial lainnya. Oleh karena itu Bupati menghimbau agar warga yang mampu untuk peduli kepada warga yang kurang mampu dan tidak mengambil hak warga yang kurang mampu.


Pada kesempatan tersebut, Asisten Ekonomi Pembangunan danKesejahteraan Masyarakat (Ekbang dan Kesra) Kabupaten Rembang Supraja mengatakan, penempelan stiker diseluruh Kabupaten Rembang dilakukan oleh tim verifikasi tingkat desa dimana Kepala desa sebagai penanggungjawab, Sekdes sebagai ketua Tim, dengan anggota PPKBD, Kaur Kesra,Bidan desa dan RT Secara rinci.


Supraja menjelaskan jumlah total yang akan ditempeli stiker sekitar 90 ribu kepala keluarga (KK) atau setara 307 ribu sampai 315 ribu jiwa. Terdiri dari 247 ribu peserta Jamkesmas dan 60 ribu peserta JKRS sesuai dengan data dari tim verifikasi tingkat desa.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Sutedjo mengatakan, pada tahap pertama setiap kecamatan akan diberikan stiker warga kurang mampu sebanyak 50% dari jumlah perkiraan. Diharapkanpenempelan stiker akan selesai akhir april.

◄ Newer Post Older Post ►