Kamis, 31 Maret 2011

MINERAL FELSPAR (KAlSi3O8, NaAlSi3O8, CaAl2Si2O8)

Menurut Laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang (UM) bahwa Felspar tergolong dalam kelompok mineral silikat. Adapun ciri-ciri felspar sebagai berikut: putih, abu-abu, kemerah-merahan, jingga, kuning, atau hijau; gores/cerat putih; kilap sutera (silky); belahan sempurna {001} baik {010}; kekerasan 6--6,5; berat jenis 2,25--2,75.

Sebagai bahan galian, felspar merupakan bahan galian aluminousilicates dari potasium, kalium, dan kadang-kadang barium. Mineral dalam felspar adalah ortoklas dan mikroklin, potash felspar yang komposisinya KAlSi3O8. Anortoklas adalah felspar yang sebagian potashnya diganti oleh soda (Na), terdapat sedikit anorthite, soda lime feldspar adalah kelompok plagioklas. Felspar di alam terjadi dalam batuan granit, batuan metamorf, dan pegmatit. Felspar di Indonesia ditemukan di Tanjungpandan (Provinsi Bangka--Belitung), Provinsi Lampung, Provinsi Kalimantan Barat, Lodoyo Kabupaten mBlitar, Trenggalek, dan Ponorogo (Provinsi Jawa Timur), Provinsi Sulawesi Tengah, dan Saparua (Provinsi Maluku). Dalam kehidupan sehari-hari digunakan dalam industri keramik dalam pembuatan gelas, barang-barang pecah-belah, email, ubin, porselin, dsb.

Posting tersebut di atas berkaitan dengan matapelajaran Geografi SMA yang diberikan di kelas XI.IPS dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam, Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dengan Materi Pembelajaran: Potensi sumberdaya alam, submateri: - sumberdaya alam mineral. Di samping itu berkaitan pula dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan untuk kelas X semester 2 dan materi dengan judul yang sama pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kebumian.

Sumber:
- Direktorat Pertambangan Departemen Pertambangan. 1969. Bahan Galian Indonesia. Jakarta: Departemen Pertambangan.
- Laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang. Tanpa Tahun. Contoh Batuan dan Mineral. Malang: Tidak Diterbitkan.

Keterangan foto:
Dokumentasi pribadi dengan obyek contoh felspar dari paket kiriman Kementerian Pendidikan Nasional.
◄ Newer Post Older Post ►