Jumat, 18 Maret 2011

Memulai Usaha Toko Bunga



Memulai Usaha Toko Bunga Cetak



Kamis, 17 Maret 2011 14:44
toko_bungaBerminat untuk memulai usaha toko bunga? Usaha apapun yang berhubungan dengan tanaman membutuhkan lebih dari sekadar kemampuan bisnis, karena bisnis ini memerlukan ketelatenan. Apalagi tanaman bunga. Untuk mulai usaha yang satu ini, Anda perlu mencintai tanaman bunga.

Banyak orang yang bekerja membuka toko bunga karena beralih profesi dari profesi sebelumnya. Nah, kalau Anda pecinta bunga, mengapa tidak mulai buka toko bunga? dari sini Anda bisa dapat penghasilan. Bisnis ini dapat dikelola sendirian. Dan bahkan Anda dapat tetap menyediakan waktu untuk keluarga Anda. Untuk memulai usaha toko bunga skala kecil, Anda dapat merangkai bunga di rumah dan mengirimnya ke pelanggan. Dengan begini, anak-anak pun bisa membantu dan dengan demikian Anda dapat mendidik mereka akan kecintaan pada bunga.

Jika Anda sudah siap untuk menjual bunga secara profesional, Anda perlu lebih mengatur keuangannya. Selain masalah akuntansi, Anda juga perlu menyiapkan lokasi yang tepat untuk mulai membuka toko. Tentukan juga konsep toko dan dekorasinya. Setelah itu cari tempat yang bersedia memasok bunga-bunga segar untuk toko Anda. Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu Anda penuhi untuk mulai membuka toko bunga.

1. Yang paling penting, Anda harus mencintai bunga. Jika Anda melakukan bisnis ini hanya berdasarkan niat mencari keuntungan semata, Anda pasti akan merasa bisnis ini hanya sekadar pekerjaan. Padahal, untuk mengurusi bunga-bunga, Anda perlu passion dan menjadikannya semacam hobi.

2. Anda harus kreatif dalam merangkai bunga. Siapa pun dapat membuat rangkaian bunga. tapi agaimana untuk mendesain rangkaian bunga yang kreatif dan berbeda dari rangkaian bunga florist lain? Pelanggan ingin rangkaian bunga yang berkualitas dan eksklusif. Jika Anda bisa memenuhi keinginan mereka, usaha Anda akan diminati.

3. Anda harus memiliki kemampuan mengkombinasi warna dengan baik. Desain rangkaian bunga yang kreatif, jika kombinasi warnanya tidak serasi, maka semua tampilannya akan tampak kurang indah. Komposisi dan desain adalah dua hal yang saling mendukung untuk membuat karangan bunga Anda terlihat indah.

4. Sebuah toko bunga sebaiknya memiliki tampilan yang ramah dan menyenangkan. Tidak hanya tokonya, pemilik dan pelayannya juga perlu bersikap ramah, hangat, dan ceria dalam melayani pelanggan.

5. Seorang penjual bunga juga harus mampu membaca pikiran pelanggan. Anda harus tahu bunga macam apa yang mereka butuhkan. Ketahuilah niat mereka dalam membeli bunga; apakah untuk pacarnya, ibunya, untuk acara berkabung, atau sekadar bunga hiasan di meja makan? Anda perlu menguasai skill ini dalam menjual bunga.

6. Ada pembeli bunga yang memesan di saat-saat terakhir untuk kebutuhan mendesak. Jangan tolak permintaan mereka. Hargai kepentingan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menyediakan bunga-bunga indah yang segar di saat mendesak sekalipun. (*/Nilam)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/7205-memulai-usaha-toko-bunga.html
◄ Newer Post Older Post ►