Sabtu, 19 Maret 2011

klasifikasi dan penyebaran ikan napoleon dan jehana

Nama Indonesia 





Ikan napoleon 
Nama Internasional  Napoleon wrasse/ Humhead wrasse 
Nama Latin  Cheilinus undulatus 
Nama Lokal  Ikan napoleon (PPI Muara Kintap), NAPOLEON (PPN Tual), Ikan lainnya (PPN Pelabuhanratu), ikan napoleon (Pelabuhan Perikanan Banjarmasin), Maming (PPN Ternate) 
Daerah Sebar  Ikan demersal yang umumnya terdapat di perairan karang (terumbu karang) 
Deskripsi  Ordo Percomorphi, Sub ordo Percoidea, Family Labridae, Genus Cheilinus. Bentuk tubuh memanjang agak memipih, warna agak biru kehijauan, bagian ekor berwarna gelap, bibir tebal, dan berbentuk seperti fleksibel, rahangnya lebar dan kuat, gigi taringnya tajam dan kuat terdapat sepasang gigi tambahan yang terletak di tenggorokan, mulut tidak lebar, gigi berbentuk chinus dan gigi lainnya berbentuk canus. Sirip punggung berduri keras, jumlah 9 buah yang terdapat sepanjang punggung, pada daerah vorheat (dahi) terdapat benjolan tebal, daerah preoper dan operculum bersisik halus, sisik dada besar, halus bertipe sikloid, tiap sisik terdapat garis-garis bertipe radier (melintang) dan pada garis pertumbuhan terdapat pigmen melanin dan guanin yang berwarna hijau dan biru, linea lateralis tunggal lurus, atau kadang terputus. Ekor besar dan tidak bercabang, panjang badan mencapai 180-250 cm dengan berat 150-250 kg. Sehingga ikan ini termasuk kategori berukuran besar. 

 
Ikan ini ditangkap dengan alat tangkap :

  • Payang (tmsk. Lampara)  (Pelagic danish seine)
  • Jaring klitik  (Shrimp entangling gill net)
  • Pancing tonda  (Trowl lines)
Ikan ini didaratkan di :

  • PPN Pelabuhanratu




Nama Indonesia  Jenaha 
Nama Internasional  Moses perch 
Nama Latin  Lutjanus russelli 
Nama Lokal  Jenaha (PPS Nizam Zachman), Jenaha (PPS Cilacap), jenaha (Pelabuhan Perikanan Banjarmasin) 
Daerah Sebar  Umumnya pada perairan pesisir dengan dasar perairan karang, lumpur dan pasir 
Deskripsi  Ordo Percomorphi, Sub ordo Percoidea, Divisi Perciformes, Famili Lutjanidae, Genus Lutjanus. Badan memanjang, melebar, dan gepeng. Profil kepala lurus atau sedikit cekung. Bagian belakang dan bawah pra-penutup insang bergerigi. Jari-jari keras sirip punggung 11, dan 14 lemah. Sirip dubur berjari-jari keras 3, dan 8-9 lemah. Sisik-sisik pada kepala mulai di belakang mata. Deretan sisik diatas gurat sisi serong keatas . Termasuk ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil dan invertebrata dasar. Hidup di perairan pantai sampai kedalaman 100 m. Hidup menyendiri. Dapat mencapai panjang 90 cm, umumnya 35-50 cm. Warna : bagian atas untuk jenis dewasa benar-benar merah (merah darah), putih kemerahan bagian bawah. Suatu totol hitam terdapat dibagian atas batang sirip ekor. 
◄ Newer Post Older Post ►