Sabtu, 19 Maret 2011

Jumlah Penyelam Kalbar Yang Lulus Tes Sertifikasi

Sebanyak 23 dari 25 peserta Pelatihan dan Sertifikasi Selam 2010 oleh Inhasa Diving Club (IDC), Minggu (2/5/10), dinyatakan lulus. Mereka telah mengikuti latihan perairan terbuka atau tes ujian kemampuan laut bagi para calon penyelam, sebelum berhak menerima sertifikat penyelaman.

Peserta yang mengikuti praktek penyelaman di laut lepas kawasan Pulau Kabung, Kabupaten Bengkayang, antara lain anggota Tim SAR, Sakawana, pengelola perjalanan wisata, aktivis lingkungan, jurnalis, masyarakat umum, dan anggota Inhasa Diving Club itu sendiri.


Sebelumnya, sesi teori atau yang biasa disebut sesi Pengetahuan Akademis Penyelaman dan sesi Latihan Keterampilan Kolam atau simulasi di kolam renang, telah ditempuh Kamis (29/4/10).


Ketua Dewan Penasihat Inhasa Diving Club, Sigit Sugiardi mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang penyelam saat berada di bawah air.


"Selain kegiatan rekreasi sebagai upaya mendukung promosi pariwisata," kata dia.


Kegiatan menyelam dilakukan sebagai upaya memonitoring kondisi terumbu karang serta kekayaan bawah laut lainnnya. Juga untuk pengangkatan muatan kapal tenggelam, termasuk juga kegiatan pekerjaan seperti pengelasan bawah air dan lain sebagainya.


Berdasar catatan Inhasa Diving Club, kegiatan yang merupakan kali keempat ini menghasilkan 16 penyelam dengan jenjang Basic Diver atau A-1, atau juga bisa dikatakan mereka ini merupakan penyelam pemula yang baru kali pertama mengikuti sertifikasi.


Laporan: Dwi
Editor: End

Dapatkan artikel ini di URL:
http://www.tribunpontianak.co.id/read/artikel/9310
◄ Newer Post Older Post ►