Jumat, 18 Maret 2011

Polio Bisa Menular

Polio (Poliomielitis) adalah kelumpuhan yang di derita dimana kelumpuhan itu di akibatkan oleh virus. Virus polio di sebut dengan poliovirus (PV). Poliovirus menyerang tubuh melalui mulut dan selanjutnya menjalar ke saluran usus dan menyebabkan infeksi pada usus. Poliovirus dapat masuk ke aliran darah dan menyebar ke sistem saraf pusat dan dapat melemahkan otot dan kadang menyebabkan kelumpuhan.

Poliovirus yaitu virus RNA kecil yang sangat menular. Di saat poliovirus menyerang sistem saraf pusat maka penderita akan mengalami kelumpuhan secara tiba-tiba, bahkan kelumpuhan dapat terjadi dalam hitungan jam setelah penderita tertular poliovirus. Semua usia dapat terserang polio, namun dari kasus yang ada sebagian besar pnderiatnya adalah anak-anak dari usia 3 hingga 5 tahun. Untuk masa inkubasi poliovirus sekitar 3 sampai 35 hari.

Penyebaran poliovirus terjadi secara diam-diam yang mana dari beberapa penderita yang terinfeksi tidak merasakan gejala sehingga penderita tidak mengetahui kalau dirinya sedang terjangkit poliovirus. Penyakit polio di bedakan dengan tiga jenis strain, yaitu:
  1. Polio non paralisis. Poliovirus ini menyebabkan demam, luse, mual, muntah dan sensitif. Penderita akan mengalami kram otot pada punggung dan leher namun otot terasa lembek jika di pegang.
  2. Polio paralisis spinal. Poliovirus ini akan menyerang menyerang saraf tulang belakang dan dapat menyebabkan kelumpuhan. 
  3. Polio bulbar. Poliovirus ini menyerang tubuh yang tidak memiliki kekebalan tubuh alami yang selanjutnya menyerang batang otak.
Polio sulit untuk di sembuhkan tapi polio dapat di cegah. Untuk pencegahan polio dapat di lakukan dengan imunisasi atau vaksinasi. Imunisasi atau vaksinasi dapat di lakukan dengan dua cara, yaitu:
  1. Vaksin polio oral. Imunisasi atau vaksinasi ini di lakukan dengan meneteskan vaksin melalui mulut.
  2. Vaksin polio pasif. Imunisasi atau vaksinasi ini di lakukan dengan cara di suntikkan.
Selain pemberian imunisasi pada anak-anak di harapkan kebersihan daerah sekitar di jaga agar penularan poliovirus dapat di kendalikan.

Sumber: Dari berbagai sumber.
◄ Newer Post Older Post ►