Minggu, 11 Januari 2009

Awas, Banyak Beredar Flashdisk Palsu

Harga USB Flashdisk memang semakin murah. Tapi jangan tertipu dengan flashdisk sangat murah, karena saat ini banyak beredar flashdisk palsu.


Foto: Flasdisk USB (internet)

Harga flashdisk palsu di pasaran, bisa beda Rp 20 ribu dari produk resmi. USB flashdisk palsu biasanya dijual di rental komputer atau tempat foto copy. Informasi beredarnya flashdisk palsu mulai menyebar melalui email dan milis-milis.

Flashdisk palsu yang mencatut merek terkenal itu, secara fisik memiliki perbedaan tipis. Jika diamati, terdapat perbedaan di kepala USB, tuas geser, bahan plastik, serta posisi ketika dicolok.

Pada flashdisk palsu tidak ada tulisan di bagian kepalanya. Selain itu bentuknya juga lebih pendek.

Flashdisk palsu juga agak tersendat-sendat ketika digeser keluar masuk. Jika kepala USB flashdisk palsu ditekan agak keras, maka dapat masuk ke posisi semula. Jika yang asli, kepala USB sangat kokoh sehingga tidak akan masuk hanya dengan menekan kepala USB.

Bahan plastik flashdisk palsu agak gelap dan tidak sekeras yang asli. Flashdisk palsu juga tidak memiliki plastik tipis sebagai pelindung lecet. Jika ditancapkan ke komputer flashdisk agak miring ke bawah, beda dengan yang asli lurus.

Saat dilakukan pengukuran dengan software, terlihat perbedaan performa antara yang asli dan palsu. Flashdisk palsu memiliki transfer rate yang lambat pada saat permulaan dan tiba-tiba melonjak tinggi di saat pertengahan dan access time yang tinggi.

Sedangkan flashdisk asli memiliki transfer rate yang yang stabil dari permulaan hingga akhir.
◄ Newer Post Older Post ►