Jumat, 16 Januari 2009

Asyiik! Toyota Resmikan Taman Kota

Jakarta - Kepedulian terhadap lingkungan hidup di Jakarta, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMII) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) bekerjasama dengan Dinas Pertamanan DKI Jakarta, membangun taman kota yang berlokasi di Kupingan Simpang Jalan, Jalan Yos Sudarso-Perintis Kemerdekaan Kotamadya Jakarta Utara.

Taman yang telah dikonstruksi sejak bulan Juli 2008 yang lalu diresmikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo hari Kamis (15/1).

“Kami mengharapkan kehadiran Taman Hijau Toyota ini mampu memberikan sumbangsih dalam mengurangi polusi udara di Jakarta,” ujar Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan.

Keberadaan Taman Hijau Toyota diharapkan mampu menambah kecantikan ibukota serta membantu pemerintah dalam mewujudkan tercapainya target pengadaan 30 persen ruang terbuka hijau DKI Jakarta.

Lahan seluas kurang lebih 1 HA ditanami dengan berbagai jenis pepohonan yang sesuai dengan karakteristik tanaman penghijauan Jakarta. Tanaman-tanaman tersebut mampu menyerap banyak karbon dan air seperti cemara angin, mahoni dan trembesi.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang hadir dengan menggunakan mobil kesayangannya Toyota Hardtop tahun 1985, mengatakan sangat berterima kasih atas partisipasi Toyota dalam membuat lahan terbuka hijau untuk menambah ruang terbuka bagi masyarakat.

“Semoga Toyota dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain agar peduli terhadap lingkungan", ujar Fauzi Bowo.

Taman Hijau Toyota merupakan kelanjutan dari Toyota Forest dan Green Hero Program sebagai pengejawantahan Toyota Earth Charter yang mencakup pendekatan komprehensif terhadap isu-isu lingkungan secara global yang diadopsi oleh afiliasi Toyota di seluruh dunia. Toyota Indonesia telah mengalokasikan lahan seluas 18 hektar di sekitar pabrik Karawang sebagai Hutan Toyota yang mencakup 16,5 hektar hutan kayu keras dan 1,5 hektar area Green Hero.

Pohon kayu keras yang ditaman di Hutan Toyota antara lain akasia, pinus, jati, mahoni. Sedangkan area Green Hero diperuntukan bagi konservasi 36 spesies pohon langka asli Indonesia yang diharapkan kelak dapat dipergunakan untuk kepentingan penelitian kegiatan akademik.

Jauh sebelum Hutan Hijau Toyota Kupingan Simpang Jalan dibangun, di kawasan Plumpang Jakarta Utara, Toyota bekerjasama dengan Walikotamadya Jakarta Utara dan masyarakat setempat telah mendirikan Hutan Taman Kota Toyota. Sekitar 2.200 pohon buah ditanam untuk penghijauan kawasan tersebut. Wujud nyata kepedulian Toyota Indonesia bersama segenap elemen bangsa dalam menjaga kelestarian lingkungan.

◄ Newer Post Older Post ►