Jumat, 11 Maret 2011

Masyarakat diminta aktif lakukan PSN

Kaliori-Puskesmas Kaliori melalui Rakor kepala desa maupun pertemuan bidan desa menghimbau masyarakat untuk meningkatkan pemberantasan sarang nyamuk PSN. Untuk mencegah merebaknya penyakit demam berdarah (DB).


Kepala puskesmas Kaliori-Suzana Asih Iranti mengatakan, sebagai langkah antisipasi, warga diharapkan proaktif menjaga kebersihan lingkungan dengan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Disamping itu disarankan aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M yakni menguras, menutup bak air dan mengubur barang bekas di lingkungan tempat tinggalnya.


Warga juga diingatkan apabila mendapati salah satu keluarganya mengalami demam berkepanjangan, secepatnya diperiksakan ke puskesmas atau rumah sakit. Langkah tersebut sebagai deteksi dini apakah yang bersangkutan menderita DB atau bukan.


Suzana Asih Iranti menjelaskan, sebagai langkah antisipasi penanggulangan DB pihaknya akan melakukan fogging khusus untuk daerah endemik. Namun langkah ini diharapkan ditindaklanjuti warga secara berkala dengan melaksanakan PSN. Tujuannya untuk memutus mata rantai tumbuh dan berkembangnya nyamuk aedes aegepty.


Data dari Puskesmas kecamatan Kaliori, jumlah temuan penderita DB sepanjang tahun 2009-2010 menurun, tercatat dari 26 orang turun menjadi 19 orang.

◄ Newer Post Older Post ►