Jumat, 18 Februari 2011

Kembangkan seni karawitan

Sulang-Untuk nguri nguri budaya jawa sekaligus sebagai upaya mempertahankan prestasi sekolah dibidang kesenian khususnya seni karawitan. SDN Seren Kecamatan Sulang saat ini secara rutin menggelar pelatihan seni karawitan di sekolahnya.

Kepala SDN Seren Purwandoyo menyebutkan, pelatihan seni karawitan diikuti sebanyak 18 siswa kelas 4 dan 5 dengan guru pembimbing dari guru sekolah setiap hari jumat. Selain nguri nguri budaya jawa, sebenarnya ada tujuan lain dari pelatihan seni karawitan di sekolah ini.,Yaitu agar siswa terbiasa untuk memainkan irama musik gamelan. Disisi lain para siswa dapat memiliki mental berlomba disetiap event pertandingan.


Diungkapkannya, selama 4 tahun terakhir ini SDN Seren dalam perlombaan seni karawitan mempunyai beberapa prestasi. Baik ditingkat kabupaten mapun tingkat karisedenan Pati. Tercatat ditahun 2006 hingga 2009 juara 1 tingkat kabupaten dan juara tingkat Karisedenan Pati, dan sebanyak 3 kali melaju ke tingkat propinsi.


Berkat peran aktif dan dukungan dari semua pihak baik wali murid dan komite. SDN Seren secara bertahap mengalami kemajuan prestasi dibidang seni karawitan. Namun upaya ini belum maksimal karena masih minimnya prasarana gamelan yang dimiliki.


Ditambahkannya, selain memprioritaskan seni karawaitan, seni macapat juga menjadi prioritas, mengingat prestasi macapat yang diraih selama ini juga cukup mengagumkan. Ditahun 2001 dalam lomba macapat SDN Seren meraih juara 1 tingkat kabupaten, tingkat karisidenan Pati dan propinsi. lalu ditahun 2005, 2006, 2009 dan 2010 juga meraih juara 1 tingkat kabupaten.

◄ Newer Post Older Post ►