Jumat, 18 Februari 2011

Apa itu Konghou?


Konghou (Chinese: 箜篌; pinyin: kōnghóu) adalah semacam alat musik kuno di Tiongkok dan bersejarah lama. Di masa jaya Dinasti Tang (618-907), seiring dengan perkembangan pesat ekonomi dan kebudayaan, kesenian permainan Konghou juga mencapai taraf yang cukup tinggi. Akan tetapi, alat musik kuno itu sejak akhir abad ke-14 tidak populer lagi dan kemudian lama kelamaan punah.

Wo-konghou, atau horisontal konghou, pertama kali disebutkan dalam teks-teks tertulis dalam periode Musim Semi dan Gugur (770-476 SM). Su-konghou atau konghou vertikal pertama kali muncul dalam Dinasti Han Timur (25-220AD). Konghou yang menggunakan kepala phoenix diperkenalkan dari India pada Dinasti Jin Timur (317-420 M).

Konghou digunakan untuk bermain Yayue di Kerajaan Chu. Selama Dinasti Han (206 SM-220 M) konghou digunakan dalam qingshangyue (salah satu jenis musik). Dimulai pada Dinasti Sui (581-618), konghou juga digunakan dalam yanyue (perjamuan musik). Konghou paling sering dimainkan pada masa dinasti Sui dan Tang. Secara umum dimainkan dalam upacara-upacara dan secara bertahap dimainkan di kalangan rakyat biasa.

Untuk memungkinkan alat musik yang telah punah selama bertahun-tahun itu tampil lagi di panggung, sejak tahun 1950-an, pekerja musik dan pembuat alat muskik mengadakan penelitian dalam jumlah besar. Sampai awal tahun 1980-an, sejenis Konghou tipe baru berhasil dibuat. Strukturnya lebih sempurna dan ilmiah, dan bunyinya mempunyai ciri khas etnis.

Konghou tipe baru pada pokoknya dibuat menurut bentuk dasar Konghou ala tegak zaman dahulu. Batangnya mirip farmasi burung angsa yang terbang di langit. Bunyi Konghou tipe baru sangat indah dan merdu, sangat kaya daya manifestasinya, dan sulit dibandingkan alat musik yang lain.
◄ Newer Post Older Post ►