Kamis, 17 Februari 2011

Bantuan PNPM MD pola khusus Desa Karang asem

Bulu-Dalam dua tahun terakhir ini desa Karang asem Kecamatan Bulu menerima bantuan Pemerintah melalui program pamsimas, PNPM MD maupun program lainnya. Seperti tahun 2010 lalu menerima bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM MD ) pola khusus dampak krisis sebesar 118 juta rupiah.


Kepala Desa Karang Asem Rosidi menjelaskan, PNPM MD pola khusus tahun 2010 telah dimanfaatkan untuk pembangunan rabat beton dan talud jalan. Untuk rabat beton berukuran panjang 332 meter, lebar 2,5 meter dan talud jalan berukuran 452 meter dibangun di dukuh Telogo.


Sementara pada program PNPM MD tahun yang sama bantuan sebesar Rp 161 Juta, telah dimanfaatkan untuk pengaspalan jalan sepanjang 1.625 meter dengan lebar 2,5 meter. Pembangunan rabat beton di dukuh Sumber Agung ini karena kondisi jalan yang sudah dimakadam mengalami kerusakan. Sedangkan talud jalan dibangun untuk menahan badan jalan agar tidak cepat rusak.


Secara terpisah, Kaur Umum desa Karang asem Sunarto mengungkapkan, sebenarnya Desa Karang asem satu satunya desa di kecamatan Bulu yang menerima bantuan PNPM MD pola khusus dampak krisis tahun 2010, dari 6 desa yang mengusulkan.


Selain karena kondisi wilayah, Indikator warga yang kesulitan mendapatkan pekerjaan menjadi pertimbangan. Tercatat ada sekitar 20 % warga desa Karang Asem saat ini kesulitan mencari pekerjaan.

◄ Newer Post Older Post ►