Kamis, 17 Februari 2011

Polisi Gadungan Diciduk Aparat

Rembang-Pelaku penipuan bermodus polisi gadungan senin petang dibekuk Satuan Reskrim Polres Rembang, Berikut pelakunya. Turut diamankan barang bukti berupa lencana kebesaran Mabes Polri, dua unit pistol mainan, dompet, KTP dan SIM.


Wakapolres Rembang Kompol Teguh Tri Prasetya didampingi Kasatreskrim AKP Sugirman di ruang kerjanya menjelaskan, pelaku bernama Sujatmoko, usia 41 tahun, asli Blitar Jawa Timur beralamat Rt.01/Rw.08 kelurahan Ngaliyan kecamatan Tugu Semarang, menipu Mutmainah, warga desa Kumbo kecamatan Sedan. Ia mengaku sebagai anggota kepolisian berdinas di Mabes Polri, dan menikah menggunakan dokumen palsu.


Menurut Wakapolres, korban dan pelaku awal kenalan saat berada di terminal Bungrasih Surabaya tahun lalu. Ketika hendak naik bus kebetulan bebarengan dan duduk berdampingan. Saat itu pelaku mengaku sebagai anggota kepolisian yang berdinas di Mabes Polri. Pasca berkenalan, hubungan keduanya makin akrab dan sering berkomunikasi melalui telephone genggam. Hingga akhirnya terjalin hubungan cinta dan berakhir dengan pernikahan.


Wakapolres Kompol Teguh Tri Prasetya menambahkan, korban Mutmainah beberapa hari lalu didatangi seorang perempuan, mengaku bernama Tutik Puji Lestari yang tak Lain adalah istri sah Sujatmoko, seraya menunjukkan buku nikah. Merasa ditipu karena pelaku masih beristri, Mutmainah tidak terima. Dia akhirnya melapor ke polisi dan pelaku kemudian berhasil diamankan.


Dari kasus tersebut, Kasatreskrim AKP Sugirman menjelaskan, pelaku dikenakan ancaman hukuman berlapis atas tindak pidana yang dilakukan. Dijerat UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata dan Pasal 372 KUHP tentang pemalsuan dokumen negara, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun.


Sementara itu Sujatmoko pelaku penipuan mengatakan, Ia tidak ada niatan berbuat jahat kepada istri mudanya. Keinginannya menikah lagi didasari kenyataan karena istri pertamanya tidak bisa memberikan keturunan.


Sehingga ketika berkenalan dengan Mutmainah muncul niat menikahinya, agar bisa memperoleh anak. Meski menyesal telah menipu istri mudanya, Sujatmoko mengaku gembira karena Mutmainah tengah hamil tua yang tak lain merupakan darah daging yang dia rindukan kehadirannya.


Bercermin dari kejadian tersebut, jajaran kepolisian meminta dan menghimbau warga, khususnya kaum Hawa agar lebih wasapada terhadap seseorang yang mengaku sebagai polisi, karena bisa jadi ternyata gadungan. Jika menemui hal sejenis, diharap melapor ke Mapolres Rembang, jangan sampai kejadian seperti itu terulang kembali.

◄ Newer Post Older Post ►