Kamis, 17 Februari 2011

Babagan menjadi desa wisata

Lasem-Julukan desa wisata sudah selayaknya di sandang desa Babagan Kecamatan Lasem, banyak obyek wisata yang bisa di tawarkan pada pulik dan wisatawan bila berkunjung di Lasem, yakni obyek wisata pembuatan batik tulis dan wisata religi klenteng.


Kepala desa Babagan Mujarso menjelaskan, Desa Babagan Kecamatan Lasem sejak tahun 2009 ditetapkan sebagai desa wisata. Tidak mudah untuk mencapai predikat desa wisata, Ada beberapa langkah yang perlu di lakukan dalam pengembangan desa wisata yakni harus mengetahui potensi wisata yang ada di desa, baik secara fisik maupun non fisik.


Salahsatunya sesuai program sapta pesona sebelum di kategorikan desa wisata, desa babagan telah memiliki kelompok sadar wisata pokdarwis Sarwo endah.


Mujarso menambahkan, ada banyak keuntungan yang di dapat dari adanya desa wisata, warga bisa mendapat kesempatan bekerja dan meningkatkan pendapatan keluarga, mulai dari pembatik, pemandu wisata sampai yang berjualan souvenir khas Lasem dan warung yang menyediakan makanan khas seperti lontong Tuyuhan.


Selama menjadi desa wisata, beberapa penghargaan pernah di raih, yakni pada tahun 2010 desa Babagan keluar sebagai juara pertama Pokdarwis tingkat Propinsi Jawa Tengah.


◄ Newer Post Older Post ►