Senin, 03 November 2008

Harga Turun, BBM Nonsubsidi Kembali Diminati


Jakarta: Anjloknya harga minyak mentah dunia mengakibatkan harga bahan bakar minyak nonsubsidi jenis pertamax dan pertamax plus terus turun. Kembali ke pertamax atau pertamax plus. Begitulah yang dilakukan sebagian masyarakat saat ini setelah harga dua jenis BBM tersebut kembali turun, kemarin. Mereka sempat beralih ke premium saat harga BBM nonsubsidi melambung [baca: Pertamax Turun, Masyarakat Kemungkinan Beralih].

Harga minyak dunia yang kini berkisar di angka US$ 70 per barel memang telah turun jauh dibandingkan harga minyak mentah saat pemerintah menaikkan harga BBM subsidi akhir Mei lalu yang di atas 130 dolar Amerika Serikat per barel. Desakan dari politisi di DPR membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan mengkaji penurunan harga.

Namun, hingga kini belum ada sinyal jelas kapan pemerintah akan menurunkan BBM subsidi seperti premium, solar, dan minyak tanah. Berbagai alasan seperti telah terlampauinya besaran subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2008 dan fluktuasi harga minyak mentah dunia membuat pemerintah maju mundur dalam kebijakan menurunkan harga BBM subsidi [baca: Presiden Berjanji Menurunkan Harga BBM Bersubsidi].
◄ Newer Post Older Post ►