Sabtu, 08 November 2008

Ecclestone Beralibi Terkait Isu Rasisme

Jakarta - Bernie Ecclestone tak terima kalau pernyataan dia sebelumnya disebut telah membiarkan rasisme hadir di F1. Bos F1 itu mengemukakan contoh-contoh yang menguatkan keberatan tersebut.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Ecclestone berbeda pandangan dengan Lewis Hamilton menyoal perlakuan yang diterima pembalap McLaren itu. Hamilton menilainya rasis, Ecclestone melihatnya hanya lelucon.

Pernyataan Ecclestone tak pelak mendulang reaksi. Dia dinilai terlalu permisif terhadap tindakan rasis di dunia F1. Padahal sama sekali tidak demikian menurut Ecclestone.

"Sayalah yang mencabut GP dari Afrika Selatan (setelah tahun 1985) untuk mendukung Nelson Mandela terkait politik apartheid, bahkan sebelum orang-orang ini tahu tentang rasisme," cetus Ecclestone di The Times yang dikutip Autosport.

Pada sesi tes pra-musim di sirkuit Catalunya, Spanyol, beberapa penonton juga bertingkah lalu kurang pantas ke Hamilton. Mereka mewarnai wajahnya dengan cat hitam, memakai wig hitam, dan duduk berdampingan mengenakan baju bertuliskan "Keluarga Hamilton".

Saat itu Ecclestone mengaku sebenarnya siap bertindak membela Hamilton karena kurang suka dengan kelakuan para fans tersebut.

"Saya bilang kepada promotor di Barcelona, 'Lepaskan saya supaya bisa menghampiri orang-orang yang menghitamkan mukanya itu dan membawa mereka ke paddock untuk mengenalkannya dengan Lewis, dan kita lihat mereka mau bilang apa nanti.' Tapi polisi bilang, 'Jangan lakukan itu.' Saya pribadi hendak menarik mereka," demikian Ecclestone.
◄ Newer Post Older Post ►