Senin, 19 Januari 2009

Pria AS Ancam Bunuh Obama Demi Kebaikan Negara

Mississippi - Seorang pria AS ditangkap karena mengancam membunuh presiden terpilih AS Barack Obama. Pria tersebut bernama Steven Joseph Christopher asal Wisconsin. Dia ditahan Dinas Rahasia AS di Brookhaven, Mississippi pada Jumat, 16 Januari waktu setempat.

Pria berumur 42 tahun itu dikenai dakwaan mengancam membunuh Obama yang menurutnya demi kebaikan negara. Ancaman itu dilontarkannya saat chatting di internet.

Demikian disampaikan para penuntut federal seperti dilansir harian Sydney Morning Herald, Sabtu (17/1/2009). “Ancaman terhadap presiden terpilih akan ditanggapi dengan sangat serius,” kata Dunn Lampton, Jaksa AS untuk Distrik Mississippi.

“Penggunaan fasilitas chatting internet untuk menyampaikan ancaman-ancaman itu sama artinya dengan kejahatan yang diucapkan dengan kata-kata. Ancaman seperti ini akan cepat ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Dalam kesaksian dari Agen Khusus Dinas Rahasia Kelly Adcox yang mengutip ucapan Christopher, dikatakan bahwa pria itu tak punya masalah pribadi dengan Obama.

“Ya, saya telah memutuskan saya akan membunuh Barack Obama. Tak ada masalah pribadi dengan orang itu,” ujar Christopher yang mengaku tidak rasis. “Saya tahu ini untuk kebaikan negara sendiri sehingga saya melakukan ini,” imbuhnya.

Menurut otoritas, Christopher membuat ancaman itu pada 11 dan 15 Januari di situs www.alien-earth.org. Jika terbukti bersalah, pria itu terancam hukuman penjara maksimum 5 tahun dan denda maksimum US$ 250.000.
◄ Newer Post Older Post ►