Kamis, 10 Februari 2011

Bagaimana cara melamar kerja tanpa biaya?

Mencari pekerjaan di kota Surabaya ternyata bukan hal yang mudah. Selain harus keluar biaya buat ketik surat lamaran, cetak, amplop, sampai fotokopi KTP, Ijazah, Sertifikat, dll. Belum lagi bensin buat datang ke perusahaan atau biaya pos kalau lewat pos. Bisa di bayangkan, maunya cari pekerjaan biar dapat duit eh malah keluar biaya besar.

Nah, sekarang jamannya udah online. Bisa di manfaatkan buat menghemat biaya. Modalnya hanya Surat Lamaran + Curriculum Vitae dalam bentuk file doc atau pdf dan sedikit waktu buat nge-net di warnet.

Pertama, datangi website penyedia lowongan kerja terbaru diantaranya:

http://sac.its.ac.id/home.php

http://surabaya.olx.web.id/

http://www.klikkarir.com

http://jobspromo.com/lowongan-kerja-surabaya.html

http://www.shs-sby.com/shs.php?co=p6

http://lowongan-kerja-surabaya.blogspot.com/

dan masih banyak lagi…

Kedua, Pilih posisi lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda. Masukkan biodata jelas Anda, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan lokasi tempat tinggal ketika memasukkan lamaran. Masukkan juga angka pendapatan pasti atau yang Anda harapkan, jika memungkinkan. Masukkan informasi diri sedetil mungkin sebagai referensi.

Ketiga, Jangan menggunakan emoticon (simbol seperti :) , atau sejenisnya) pada e-mail lamaran kerja Anda. Sebab, dalam kasus melamar kerja via e-mail halini bisa dianggap tidak sopan, jangan melamar ke perusahaan yang sama berulang-ulang untuk posisi yang sama. Dan jangan kirimkan CV Anda sebagai attachment e-mail (kecuali jika diminta). Pasang rangkuman isi CV Anda di tubuh pesan e-mail yang Anda kirim. Tonjolkan fakta-fakta penting dan menarik saja.

◄ Newer Post Older Post ►