Senin, 21 Februari 2011

Kesadaran Berpolitik Tinggi, Warga Gelar Pemilu Ketua RT

Rembang-Pesta demokrasi jauh dari suasana hura-hura diselenggarakan di Kabupaten Rembang. Tepatnya hari minggu di kawasan RT 02-RW 03 Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang, Dengan mengadakan Pemilihan Umum Ketua Rukun Tetangga (Pemilu Ketua RT), periode 2011-2014.


Pelaksanaan pemilu ketua RT yang berlangsung di rumah salah satu warga yang memiliki halaman cukup luas, identik dengan pemilu lainnya. Khususnya pemilih mencoblos surat suara bergambar calon yang akan dipilih. Kali ini pemilihan diikuti 6 orang calon, wakil dari 6 kelompok dasa wisma (dawis) lingkungan setempat. Alokasi waktu pencoblosan pukul 14.00 hingga 16.00, dilanjutkan penghitungan suara.


Suwarno, ketua panitia penyelenggara pemilihan menerangkan, pesta demokrasi ala wong cilik ini merupakan kali ke tiga diselenggarakan. Periodesasi masa kepemimpinan Ketua RT terpilih selama 3 tahun dan pada saat berakhir masa bhaktinya, kembali digelar pemilihan umum.


Saat disinggung tentang hak pilih, Suwarno menyampaikan, tidak beda dengan pemilu yang ada. Bagi warga yang pada hari pemilihan telah berusia 17 tahun, mempunyai hak ikut berpartisipasi. Demikian pula warga yang sedang merantau juga dihimbau pulang untuk menyalurkan hak suaranya.


Menurut Suwarno, memilih seorang pemimpin bukan hanya menjadi hak Kepala Keluarga saja, warga RT 02 - RW 03 yang mempunyai hak pilih dilibatkan, sehingga apapun hasilnya bisa diterima dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Adapun sasaran lain yang dituju yakni memberikan dan menumbuhkan kesadaran berpolitik kepada pemilih pemula di kawasan setempat.


Ditambahkan Suwarno, sebenarnya masa bhakti Ketua RT lama Mudarso berakhir di tahun 2011 ini. Tetapi karena pada bulan Desember tahun silam dia meninggal, maka disikapi dengan mengadakan pemilu Ketua RT untuk memilih penggantinya. Total biaya penyelanggaraan pemilihan menelan dana Rp 300 ribu, dianggarkan dari kas keuangan RT.


Dari pemilik hak suara 128 orang, hadir mengikuti pemilihan 87 orang. Calon nomor 4 H Bambang Suhartono, meraih 38 suara. Dengan demikian warga RT 02-RW 03 Desa Sukoharjo kurun waktu 3 tahun kedepan dipimpin yang bersangkutan, sesuai dengan amanah yang diberikan warga.

◄ Newer Post Older Post ►