Jumat, 25 Februari 2011

Fakta Penting Tentang Sidat Kita

Sidat Kita

Sidat Kita
(*) Ikan sidat mempunyai kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gram per 100 gram. Omega 3 ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi manusia. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia.

(*) Ketika dewasa sidat hidup di air tawar, setelah matang gonad ia akan beruaya atau pindah ke laut dalam. Sidat bisa hidup dalam kadar garam yang berbeda-beda.

(*) Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilankan racun tubuh, serta memperlambat penuaan.
(*) Dari setidaknya 6 spesies ikan sidat yang hidup di Indonesia, 6 spesies terdeteksi berkembang dengan baik di perairan Indonesia Timur. Yakni Anguilla Borneonsis, Anguilla Selebensis, Angullia Marmorata, Anguilla Bicolor dan Anguilla Interioris.

(*) Sidat bersifat foto taksis negatif (menghindari cahaya), siang hari ia sembunyi dan malam hari ia suka kelayapan di atas permukaan air untuk mencari makan.

(*) Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) hingga kini terus mengupayakan dan mengajak swasta untuk ikut mengembangkan ikan sidat.
By. Sidat Kita
◄ Newer Post Older Post ►