Jumat, 25 Februari 2011

Fakta Penting Tentang Sidat Kita Part II

Sidat Kita

Sidat Kita
(*) Sudah banyak terbukti, mengkonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Juga memperbaiki sikulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, mengobati pembuluh darah otak.

(*) Sistem pemijahan sidat tergolong unik. Ia bertelur dan menetas di laut, tapi sejak menetas dan bisa berenang ia mencari dan hidup di air tawar.

(*) Karena kekurangtahuan, minat orang Indonesia untuk membudidayakan sidat tergolong masih rendah.

(*) Ikan sidat merupakan jenis ikan yang laku di pasar internasional terutama di negara Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Belanda, Jerman, Italia dan beberapa negara lainnya.

(*) Benih sidat (anguilla spp) dibawah ukuran berdiameter 5 mm dilarang diekspor dari Indonesia. Larangan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Pertanian No. 2l4/Kpts/Um/5/1973 Tentang Larangan Pengeluaran Beberapa Jenis Hasil Perikanan Dari Wilayah Republik Indonesia Ke Luar Negeri. Tapi itulah kita, makin dilarang makin banyak yang tertarik mengekspor benih karena sangat laku di pasar Internasional.

(*) Benih sidat disebut glass eel karena tubuhnya memang masih transparan. Itu artinya kalau udah nggak transparan lagi, bukan glass eel lagi namanya melainkan ikan sidat biasa.
By. Sidat Kita
◄ Newer Post Older Post ►