Jumat, 09 Januari 2009

Panci Dijadikan Helm di Nigeria

Nigeria: Helm seharga 2,4 pound atau sekitar Rp 35 ribu mungkin terlalu mahal bagi warga Nigeria. Aturan baru pengendara motor harus menggunakan helm, diakali oleh warganya dengan menggunakan panci, piring, baskom bahkan celana yang ditaruh di kepala saat mereka naik motor di jalan raya.

Entah ide gila dari mana, yang membuat pemandangan jadi aneh di jalanan di Nigeria. Bahkan taksi motor yang terkenal dengan sebutan “Okadas”, juga masih melanggar aturan baru ini.

Komisi keselamatan jalan raya Yusuf Garba menyatakan para pengendara akan tetap ditangkap apabila tidak mengenakan helm saat di jalan raya karena pengumuman sudah enam bulan lalu dan peraturan itu berlaku mulai 1 Januari 2009. “Mereka saat ini naik motor masih menggunakan pot, piring plastik, atau baskom, yang itu tidak melindungi kepala seperti helm,” ujar Yusuf.

Namun sesuai hukum ekonomi, ketika banyak permintaan harga akan naik Begitu pula helm di Nigeria, harganya kemudian meningkat tajam sampai dua kali lipat. (tempointeraktif.com)
◄ Newer Post Older Post ►