Jumat, 09 Januari 2009

Kawasaki Mundur dari MotoGP

AMSTERDAM - Kawasaki akhirnya resmi mengumumkan pengunduran diri dari ajang MotoGP musim ini. Tidak adanya dana menjadi alasan Kawasaki meninggalkan ajang adu cepat kuda besi tersebut.
Kabar akan mundurnya tim pabrikan Jepang ini sudah tersiar sejak Desember 2008. Tapi, kubu Kawasaki belum memberikan keterangan resmi. Dalam kurun waktu hampir satu bulan tersebut, Kawasaki masih berusaha tetap bertahan.

"Kami sudah menetapkan keputusan akhir yakni tidak meneruskan kiprah di MotoGP. Sebenarnya pengumuman ini sudah dikeluarkan sejak pertengahan Desember. Tapi, masih banyak yang harus diselesaikan terlebih dulu," jelas ofisial Kawasaki Katsuhiro Sato, seperti di kutip Autosports, Jumat (9/1/2009).

Kawasaki menyebut jika krisis ekonomi global, adalah penyebab utama keputusan pengunduran diri ini. "Kami tidak bisa menghindar dari krisis ekonomi. Untuk saat ini kami belum tahu apakah akan kembali ke MotoGP," lanjut Sato.

Kawasaki bergabung dengan MotoGP sejak tahun 2003. Anggaran yang dikeluarkan dalam semusim sekitar 4 milyar yen . Selama lima tahun berkompetisi, Kawasaki belum pernah memenangi satu seri pun. Musim lalu Kawasaki berada di peringkat paling bawah konstruktor tim.

Keputusan ini praktis membuat dua pembalap John Hopkins dan Marco Melandri berstatus menganggur. Hopkins dan Melandri masih menunggu keputusan pengambilalihan Kawasaki oleh Tim Aspar.
◄ Newer Post Older Post ►