Selasa, 06 November 2012

1000 Hari Pertama - Membedakan Benar dan Salah

Selama 1000 hari pertama telah diletakkan fondasi untuk mempelajari perbedaan antara salah dan benar. Proses ini berlanjut selama masa anak-anak hingga masa dewasa. Dasar yang baik akan membawa anak mejadi orang dewasa yang penuh perhatian dengan pertimbangan moral yang baik.

Bayi mulai merasakan sensasi perasaan tentang orang lain. Perasaan ini akan tumbuh menjadi empati terhadap orang lain dan akhirnya membentuk pemahaman yang dewasa atas perasaan orang lain dan simpati kepada mereka

Balita mulai belajar pengendalian diri walaupun kita semua tahu bahwa  proses ini dapat berlangsung seumur hidup.  Anak-anak juga belajar tentang aturan pada masa balita. 

Pada masa remaja dan awal masa dewasa, idealisme mungkin tu\mbuh  dan manusia dewasa muda dengan memahami perbedaan antara baik dan buruk, benar dan salah akan membentuk nila-nila pribadinya.

Semua ini berawal pada periode 1000 Hari Pertama
Tahukah anda:
  • Perasaaan empati, perasaan terhadap orang lain, dimulai pada usia yang sangat muda, misalnya bayi ikut menangis ketika mendengar bayi lain menangis\
  • Balita memeluk dan berusaha menenangkan temannya yang sedang sedih
  • selama masa ini bibit-bibit kemampuan pengendalian diri mulai berkembang
Sumber: http://www.everychildcounts.org.nz/key-reason-no-5-learning-right-and-wrong/
◄ Newer Post Older Post ►