Selasa, 08 Maret 2011

Sosialisasi persiapan PWS Gabus

Rembang-Tim penggerak PKK kabupaten Rembang melalui Pokja III pagi tadi mengelar sosialisasi persiapan pemantauan wilayah setempat garam Beryodium untuk Semua (PWS Gabus) di pendopo Kabupaten. Kegiatan ini menghadirkan ketua Tim pengerak PKK kecamatan Rembang dan Kaliori, dan ibu-ibu kader desa dari kecamatan setempat.


Ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Rembang Ny Hj Umy jazilah Salim saat membuka kegiatan mengatakan, Kabupaten Rembang di jawa tengah tidak hanya terkenal sebagai daerah penghasil garam, namun juga dikenal sebagai kabupaten yang berhasil dalam pencegahan peredaran garam tidak beryodium.


Keberhasilan tersebut membuat kabupaten Rembang sering dikunjungi tamu dari daerah lain dalam rangka study banding penanggulangan Gangguan Kekurangan Garam Yodium (GAKY).


Untuk itu Umy jazilah mengingatkan, keberhasilan tersebut patut disyukuri namun jangan sampai membuat kita cepat berpuas diri. Karena masih banyak hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka menekan hingga sekecil mungkin peredaran garam tidak beryodium di kabupaten Rembang. Berbagai upaya yang dilakukan salah satunya yaitu pemantauan PWS Gabus.


Ia berpesan melalui acara sosialisasi ini mudah-mudahan ibu-ibu semakin termotivasi dan memiliki pemahaman yang sama untuk berpartisipasi dalam rangka mencegah beredarnya garam tiodak beryodium. Selain itu ibu-ibu juga memiliki tambahan pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melakukan Monitoring pemantauan wilayah setempat garam beryodium PWS/GABUS.


Dari sosialisasi ini ibu-ibu kader nantinya akan mendapatkan ketrampilan yodinates yakni alat untuk mengukur kadar yodium. Tujuannya Kader bisa melaporkan apabila ada temuan garam tidak beryodium diwilayahnya.

◄ Newer Post Older Post ►