Selasa, 08 Maret 2011

produk perikanan Indonesia ke Timor Leste

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mengatakan, ekspor produk perikanan Indonesia ke Timor Leste terus mengalami peningkatan. Saat ini nilai ekspor komoditi tersebut diperkirakan telah mencapai sekitar 2 juta dolar AS per tahun.

Fadel menyampaikan angka itu setelah bertemu Menteri Perikanan Republik Demokratik Timor Leste, Mariano Assanami Sabino, di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa.

Menurut Fadel, berbagai komoditas produk perikanan yang berpotensi didongkrak untuk diekspor ke Timor Leste antara lain rumput laut dan ikan kerapu. Komoditas hasil perikanan lainnya yang juga diekspor ke Timor Leste adalah udang, tuna, cakalang, tongkol, dan mutiara.

Berdasarkan data KKP, pada 2010 hingga data November jumlah ekspor produk perikanan Indonesia ke Timor Leste mencapai senilai Rp1,67 miliar. Sementara pada tahun 2008 dan 2009, jumlah ekspor produk perikanan Indonesia ke Timor Leste secara berturut-turut tercatat sebanyak Rp1,36 miliar dan Rp 2,1 miliar.

Fadel juga mengemukakan, kerja sama yang dibicarakan antara pihaknya dan Menteri Perikanan Timor Leste juga termasuk kerja sama di bidang riset dan pengembangan terutama dalam persoalan akuakultur.

Bentuk kerja sama tersebut rencananya disahkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang akan ditandatangani kedua belah pihak pemerintahan saat Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao berkunjung ke Indonesia yang dijadwalkan terjadi pada tanggal 22 Maret 2011.
Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
◄ Newer Post Older Post ►