Sabtu, 19 Juni 2010

Kaya Yang Dermawan Atau Dermawan Yang Kaya

Kaya Dermawan - Baru baru ini diberitakan bahwa orang kaya Gates dan Buffett melobby orang kaya lainnya untuk membagikan dan menjadikan sebagian besar uangnya jadi derma (charity). Mereka bikin publikasi tertulis. 'Saya paling bahagia ketika buat putusan 2006 membagikan 99% dari kekayaan saya, kata Buffett.  Gates berjanji mbagikan sebagian besar kekayaannya, dan sudah berbuat sering.

Banyak komentar menggembirakan dari usaha derma mereka, ada juga negatif tentu. Th 1997 orang kaya lainnya Ted Turnur mbagikan $ 1 miliard ke program PBB, tetapi tidak banyak komentar dunia ketika itu. Sekarang kelihatannya program orang-orang kaya soal charity ini semakin offensif. Dikejar umur? Ini mungkin salah satu sebab, tetapi pasti bukan yang menentukan karena dari dulu juga manusia dikejar umur.

Perkembangan? Pasti pegang peranan, disini perkembangan tingkat kesedaran manusia. Tetapi perkembangan ini belum mencapai puncaknya (proses dialektika). Segi-segi bertentangan disini ialah duit/kekuasaan kontra faktor/unsur kemanusiaan.  Mana diantara dua unsur ini yang berdominasi dalam perjalanan waktu (proses perkembangan kehidupan dan pikiran/kesedaran manusia dunia). Dominasi faktor pertama masih terlihat jelas, orang-orang kaya masih tetap giat menambah kekayaan. Terlihat usaha Gates, dan juga dari kata-kata Buffett: ”buy wonderful companies at fair prices instead of fair companies at wonderful prices.”

Segi bertentangan lainnya ialah antara uang sebagai solusi kontra uang sebagai pencipta masalah. Berapa banyak persoalan diselesaikan dengan uang dan berapa banyak pula persoalan lahir karena uang. Mana yang masih berdominasi, terlihat jelas di negeri kita sekarang ini.   * Milis
◄ Newer Post Older Post ►