Sabtu, 16 April 2011

Kaya dan Miskin

Suatu hari seorang ayah dari keluarga yg kaya raya bermaksud memberi pelajaran, bagaimana kehidupan orang miskin pada anak nya, selama ini anak nya selalu hidup dalam kemewahan, ia ingin anak nya menyadari berapa mewah nya kehidupan mereka selama ini yg ia dapat kan, yg selalu serba berkecukupan..

Lalu sang ayah mengajak putra kecil nya untuk menginap beberapa hari diperdesaan itu, mereka tinggal beberapa hari dirumah seorang petani miskin yg tinggal didesa tepi hutan.

Tapi diluar dugaan, anak nya sangat senang dan nampak sangat bergembira selama tinggal dirumah petani itu.
setelah beberapa hari sang ayah lalu mengajak anak nya pulang.

Dalam perjalanan pulang kerumah dikota, sang ayah kemudian kepada anak nya.. "Nak, bagaimana perjalanan kita kali ini.?.."

"Ooh..sangat menyenang kan dan sangat menarik ayah." jawab putra nya.

Lalu sang ayah bertanya lagi.. "Apakah kamu melihat bagaimana orang miskin itu menjalani hidup ini..?.."

"Iya saya melihat semua nya ayah" jawab anak nya..

"Lalu apa yg dapat kamu ambil kesimpulan dan apa yg kamu pelajari dari perjalanan kita ini, tentang hidup kita dan mereka?.."

Lalu sang anak menjawab,
"Yang saya pelajari dan yang dapat saya simpul kan adalah kita memiliki 1 anjing untuk menjaga rumah kita...
Mereka memiliki 4 anjing untuk berburu...

Kita punya kolam renang kecil ditaman..
Mereka punya sungai yg tiada terbatas..

Kita punya lampu untuk menerangi taman kita...
Mereka punya bintang yg bersinar di malam hari..

Kita memiliki lahan yg kecil untuk hidup..
Mereka hidup bersama alam..

Kita punya pembantu untuk melayani kita..
Tapi mereka hidup untuk melayani orang..

Kita punya pagar yg tinggi untuk untuk melindungi kita..
Mereka punya banyak teman yg saling melindungi.."

Sang ayah tercengang mendengar jawaban anak nya,sungguh jawaban yg diluar dugaan nya yg seketika terasa membuka hati nya,

Lalu sang anak melanjutkan.. "Terimah kasih ayah, karena ayah telah menunjukan berapa kaya nya mereka sesungguh nya, dan betapa miskin nya kita.."

Bukan kah ini sudut pandang yg menabjub kan?...
Miskin dan kaya tergantung dari mana kita melihat nya..
Bersyukur dengan apa yg sudah kita miliki, dan jangan pernah mengeluh dengan apa yg tidak kita miliki..

Berterima kasihlah untuk hari ini yang kita dapat, karena hari esok belumlah tentu sebaik hari ini..

Sesungguh nya kekayaan yg paling berharga bukan terletak pada harta yg berlimpah...
Tetapi kekayaan terbesar dalam hidup ada pada kebersamaan, kasih sayang, dan cinta yg tulus dari orang-orang yg ada disekitar kita yg menyayangi kita..


.
.

WABUP DAN MUSPIDA MUSNAHKAN BARANG BUKTI



Jum’at (15/4) bertempat dihalaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Kandangan Wakil Bupati H.Ardiansyah,S.Hut bersama Unsur Muspida kembali memusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,10 gram, dan juga ribuan biji obat jenis daftar G yang terdiri dari Dextro warna kuning, Dextab warna biru muda dan Carnophen Zenith. Selain itu, ada 2 buah senjata tajam yang turut di musnahkan.

Pemusnahan barang bukti Narkotika jenis sabu-sabu dan juga obat jenis daftar G serta 2 buah senjata tajam yang dilakukan pada hari ini sesuai dengan ketentuan bahwa barang bukti tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika harus dimusnahkan dalam waktu paling lama 7 hari setelah mendapatkan ketetapan pemusnahan dari Kepala Kejaksaan Negeri setempat.

Pemusnahan barang bukti tersebut di awali dengan pemusnahan 2 buah senjata tajam oleh Dandim 1003 Kandangan Letnan Kolonel Arh Dodo Irmanto. Kemudian dilanjutkan oleh Wakil Bupati HSS H.Ardinasyah,S.Hut memusnahkan barang bukti berupa obat jenis daftar G dan dilanjutkan oleh para unsur muspida lainnya yang berhadir pada saat itu. Obat jenis daftar G ini seharusnya tidak terjual bebas di pasaran, dan orang yang menggunakan obat tersebut harus dengan resep dokter. (siska_hms)

Peluang Budidaya Ternak Ikan Arwana

Peluang budidaya ternak ikan arwana dapat dilakukan dalam aquarium atau pada kolam biasa.


Ikan arwana ini merupakan ikan hias yang digemari diberbagai belahan dunia dan telah lama dikembangkan teknik budidaya ikan arwana ini dengan pembesaran di akuarium. Namun pada tahun 2000 Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar berhasil memijahkan ikan secara alami.

Tahap budidaya dimulai dari seleksi benih yang akan dipijahkan. Pematangan gonad dapat dilakukan di aquarium dengan ukuran 80 x 60 x 50 cm dan isi dengan air setinggi 40cm. Pilih induk arwana kemudian dimasukan kedalam aquarium yang telah disiapkan. Pemijahan arwana dilakukan di kolam tanah ukuran 1.000 m2 dan diisi air setinggi 70 cm. Air harus mengalir secara terus menerus kemudian masukan indukan ikan arwana kedalam kolam. Anda tinggal memberi pakan karena ikan akan memijah secara alami.

Setelah beberapa bulan maka datanglah musim panen yaitu tiga bulan setelah musim hujan, sekitar bulan Juli dan Agustus. Cara memanen sangat mudah anda tinggal menyurutkan ketinggian air dan tangkap induk arwana dengan sekup net halus, kemudian ambil benih arwana yang dihasilkan dan siap di tebar ke dalam akuarium pembesaran.

Jumat, 15 April 2011

BATUKAPUR

Batukapur sering pula disebut dengan batugamping (limestone). Batukapur merupakan batuan padat yang termasuk batuan sedimen. Batuan ini terbentuk lantaran sisa-sisa organisme laut. Karakter dari batukapur adalah: komposisinya kalsium karbonat (CaCO3); warna putih, abu-abu, kuningtua, abu-abu kebiruan, jingga, dan hitam; dan berat jenisnya 2,6--2,8.

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan batuan kapur. Umumnya berupa pegunungan kapur yang tersebar di berbagai Provinsi, yakni di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam; Penen--Medan dan Tarutung (Sumatera Utara, berupa endapan air panas); Karangputih (Sumatera Barat, berupa endapan berlapis); Karangnunggal (Jawa Barat, berupa endapan berlapis lensa), Kuripan--Bogor, Cipanas, Cirebon (Jawa Barat, berupa fresh water limestone), dan di berbagai daerah di Jawa Barat lainnya; berbagai daerah di Jawa Tengah; Bluto--Madura (berupa endapan berlapis), pulau Madura pada umumnya, dan berbagai daerah di Jawa Timur; berbagai daerah di Kalimantan Barat; dan di Tonasa (Sulawesi Selatan, berupa endapan berlapis), serta di berbagai tempat lainnya di Indonesia.

Pemanfaatan batukapur dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk batu pondasi bangunan, bata (batu kumbung), pengeras jalan, dan serbuk kapur. Di samping itu batukapur digunakan pula sebagai bahan mentah dalam industri semen Portland, semen Roma, kalk zandsteen, dan semen alam. Dalam industri keramik, batukapur dipakai sebagai bahan mentah dalam pembuatan gelas, alat-alat dari gelas, dan email. Dalam industri gula, batu kapur digunakan untuk pembuatan kalsium. Sedang dalam industri kimia, batu kapur digunakan untuk pembuatan gas CO2, CaC, CaO, dan CaCl2. Di samping itu batukapur juga digunakan untuk pemberi warna pada industri minyak, untuk bahan-bahan kedokteran, pasta, pencegah penyakit tanaman, dan pupuk. Pada industri logam, batukapur dipakai untuk merendahkan titik lebur (flux), bahan-bahan tahan api, dan bahan cetak ofset (litografi).

Posting tersebut di atas berkaitan dengan matapelajaran Geografi SMA yang diberikan di kelas XI.IPS dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam, Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dengan Materi Pembelajaran: Potensi sumberdaya alam. Di samping itu berkaitan pula dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan untuk kelas X semester 2, serta materi dengan judul yang sama pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kebumian.


Sumber:
- Direktorat Pertambangan, Departemen Pertambangan. 1969. Bahan Galian Indonesia. Jakarta: Departemen Pertambangan.
- Dari berbagai sumber lain.

Keterangan foto:
Dokumentasi pribadi dengan obyek batukapur yang ada di Malang Selatan.

Kerangka Regulasi Kerjasama Antar Daerah (PP No. 50 Tahun 2007 tentang Tatacara Pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah)

Setelah berkembangnya berbagai bentukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) di Indonesia, disahkannya PP mengenai tatacara pelaksanaan kerjasama ini memang sangat dinantikan oleh daerah. Dalam PP ini, yang dimaksud dengan kerjasama daerah adalah kesepakatan antara gubernur dengan gubernur atau gubernur dengan bupati/walikota atau antara bupati/walikota dengan bupati/walikota yang lain, dan atau gubernur, bupati/walikota dengan pihak ketiga, yang dibuat secara tertulis serta menimbulkan hak dan kewajiban. Adapun objek kerja sama daerah adalah seluruh urusan pemerintahan yang telah menjadi kewenangan daerah otonom dan dapat berupa penyediaan pelayanan publik. Penyelenggaraan Kerjasama Antar Daerah (KAD) ini hendaknya dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
a)    efisiensi;
b)    efektivitas;
c)    sinergi;
d)    saling menguntungkan;
e)    kesepakatan bersama;
f)     itikad baik;
g)    mengutamakan kepentingan nasional dan keutuhan wilayah NKRI;
h)    persamaan kedudukan;
i)      transparansi;
j)      keadilan; dan
k)    kepastian hukum.

Untuk tata cara kerjasama daerah diantaranya diatur hal-hal sebagai berikut :
1)    Kepala daerah atau salah satu pihak dapat memprakarsai atau menawarkan rencana kerja sama kepada kepala daerah yang lain dan pihak ketiga mengenai objek tertentu.

2)    Apabila para pihak sebagaimana dimaksud pada huruf a menerima, rencana kerja sama tersebut dapat ditingkatkan dengan membuat kesepakatan bersama dan menyiapkan rancangan perjanjian kerja sama yang paling sedikit memuat:
a)    subjek kerja sama;
b)    objek kerja sama;
c)    ruang lingkup kerja sama;
d)    hak dan kewajiban para pihak;
e)    jangka waktu kerja sama;
f)     pengakhiran kerja sama;
g)    keadaan memaksa; dan
h)    penyelesaian perselisihan.

3)    Kepala daerah dalam menyiapkan rancangan perjanjian kerja sama melibatkan perangkat daerah terkait dan dapat meminta pendapat dan saran dari para pakar, perangkat daerah provinsi, Menteri dan Menteri/Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Departemen terkait.

4)    Kepala daerah dapat menerbitkan Surat Kuasa untuk penyelesaian rancangan bentuk kerja sama. Adapun Pelaksanaan perjanjian kerja sama dapat dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam hubungannya dengan DPRD, rencana kerjasama daerah yang membebani daerah dan masyarakat harus mendapat persetujuan dari DPRD dengan ketentuan apabila biaya kerja sama belum teranggarkan dalam APBD tahun anggaran berjalan dan/atau menggunakan dan/atau memanfaatkan aset daerah. Akan tetapi kerja sama daerah yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan biayanya sudah teranggarkan dalam APBD tahun anggaran berjalan tidak perlu mendapat persetujuan dari DPRD.

Untuk penyelesaian perselisihan yang terjadi dalam pelaksanaan kerjasama, diharapkan dapat diselesaikan dengan musyawarah. Akan tetapi, apabila kata mufakat tidak dapat dicapai, maka untuk kerjasama antar daerah-daerah yang terdapat dalam satu provinsi, penyelesaian perselisihan dapat dilakukan dengan keputusan Gubernur provinsi tersebut. Sementara untuk kerjasama antar Provinsi, dapat dilakukan dengan keputusan Menteri (dalam hal ini Menteri Dalam Negeri).

Dalam PP No. 50 Tahun 2007 ini juga diatur mengenai pembentukan Badan Kerjasama. Badan Kerjasama ini dapat dibentuk untuk Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang dilakukan secara terus-menerus atau berlangsung dalam waktu minimal 5 tahun. Badan Kerjasama ini bukan bagian dari perangkat daerah dan dibentuk dengan keputusan bersama Kepala Daerah. Tugas Badan Kerjasama ini termasuk pengelolaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Selain itu, Badan Kerjasama juga dapat memberikan masukan atau saran mengenai langkah-langkah yang diperlukan apabila ada permasalahan dalam pelaksanaan kerjasama. Adapun untuk biaya penyelenggaraan Badan Kerjasama ini menjadi tanggung jawab bersama Kepala Daerah-daerah yang terkait dengan kerjasama.



Sumber:
Dr. Ir. Antonius Tarigan, M.Si, Buletin Tata Ruang, Maret-April 2009 (Edisi: Meningkatkan Daya Saing Wilayah)
---------------
Kerangka Konseptual Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Kerangka Regulasi Kerjasama Antar Daerah (PP No. 50 Tahun 2007 tentang Tatacara Pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah)
Potensi dan Kendala dalam Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Model Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Kerjasama Antar Daerah (KAD) dan Peningkatan Daya Saing Wilayah
---------------

Merek dagang dan Pemasaran Produk

Dalam dunia bisnis, penguasaan pangsa pasar tentunya menjadi salah satu poin penting bagi para produsen. Dan keberadaan sebuah Merek, menjadi simbol serta identitas tersendiri dalam peluncurkan sebuah produk ke pasaran. Dalam ilmu marketing sendiri, keberadaan sebuah Merek menjadi bagian dari strategi promosi yang dapat menarik minat konsumen hingga taraf loyalitas tertentu dan terus meningkat seiring terkenalnya Merek tersebut dipasaran.

Sedangkan bagi para konsumen, keberadaan Merek menjadi sebuah alat bantu dalam mengenali dan mengetahui kualitas produk, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk. Jadi tidaklah salah, bila banyak pelaku bisnis menjadikan merek produk sebagai ujung tombak bagi perusahaannya agar bisa memenangkan persaingan pasar.

Berikut kami informasikan mengenai lima strategi merek menurut Kotler (2000) yang bisa Anda gunakan dalam strategi bisnis Anda kedepannya.

1. Lakukan perluasan lini. Perluasan lini dapat dilakukan para pelaku usaha dengan cara menambahkan varian baru pada produk mereka. Hal ini sengaja dilakukan untuk memperluas target pasar yang mereka bidik dan menguatkan merek tersebut di kalangan masyarakat luas. Salah satu produk yang telah menggunakan strategi ini adalah produk sampo Sunsilk. Mereka sengaja mengeluarkan beragam varian produk sampo sesuai dengan jenis rambut konsumennya, seperti sampo untuk rambut rontok, rambut berketombe, rambut kering, rambut berminyak, dan lain sebagainya.

2. Perluasan merek (Brand Extension). Strategi ini sering dilakukan beberapa perusahaan besar untuk menguasai pasar. Mereka memanfaatkan merek yang sudah dikenal banyak orang, untuk mengeluarkan produk baru guna menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Lihat saja merek lifebuoy yang dulunya dikenal masyarakat sebagai merek sabun, sekarang mulai melebarkan sayapnya dengan meluncurkan produk handwash (sabun cuci tangan), serta sampo untuk memperluas merek produknya di pasaran.

3. Gunakan strategi multi-merek. Selain menambahkan varian baru pada produk Anda, salah satu strategi pemasaran lainnya yang bisa digunakan yaitu menggunakan tambahan merek untuk kategori produk yang sama. Strategi ini dilakukan para pengusaha untuk menarik minat konsumen dari berbagai kalangan. Contohnya saja seperti perusahaan Indofood yang sengaja meluncurkan merek Indomie, Supermi, serta Sarimi untuk membidik target pasar yang berbeda. Sehingga tidak heran, jika sampai saat ini Indofood berhasil menjadi market leader untuk kategori produk mie instan.

4. Luncurkan merek baru. Jika sebuah perusahaan meluncurkan sebuah produk baru dalam kategori baru, namun tidak memungkinkan untuk menggunakan merek yang sudah ada. Maka tidak ada salahnya jika mereka menawarkan sebuah merek baru bagi produk yang akan mereka luncurkan. Cara ini telah dilakukan oleh Unilever dalam mengembangkan kategori produknya, seperti mengeluarkan merek Pepsodent untuk kategori produk pasta gigi, Blue Band untuk merek margarine, serta masih banyak lagi merek lainnya untuk kategori yang berbeda.

5. Gunakan merek bersama. Yang dimaksud dengan merek bersama yaitu menggabungkan dua atau lebih merek yang sudah terkenal dalam sebuah penawaran. Strategi ini telah dijalankan oleh Aqua-Danone dalam memasarkan produknya.

Dengan mengetahui beberapa strategi merek dalam pemasaran produk, kini saatnya Anda menentukan strategi pemasaran yang seperti apakah yang paling tepat bagi bisnis Anda. Tentukan strateginya dan lakukan sekarang juga


sumber:http://bisnisukm.com/strategi-merek-dalam-pemasaran-produk.html

Merek dagang dan Pemasaran Produk

Dalam dunia bisnis, penguasaan pangsa pasar tentunya menjadi salah satu poin penting bagi para produsen. Dan keberadaan sebuah Merek, menjadi simbol serta identitas tersendiri dalam peluncurkan sebuah produk ke pasaran. Dalam ilmu marketing sendiri, keberadaan sebuah Merek menjadi bagian dari strategi promosi yang dapat menarik minat konsumen hingga taraf loyalitas tertentu dan terus meningkat seiring terkenalnya Merek tersebut dipasaran.

Sedangkan bagi para konsumen, keberadaan Merek menjadi sebuah alat bantu dalam mengenali dan mengetahui kualitas produk, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk. Jadi tidaklah salah, bila banyak pelaku bisnis menjadikan merek produk sebagai ujung tombak bagi perusahaannya agar bisa memenangkan persaingan pasar.

Berikut kami informasikan mengenai lima strategi merek menurut Kotler (2000) yang bisa Anda gunakan dalam strategi bisnis Anda kedepannya.

1. Lakukan perluasan lini. Perluasan lini dapat dilakukan para pelaku usaha dengan cara menambahkan varian baru pada produk mereka. Hal ini sengaja dilakukan untuk memperluas target pasar yang mereka bidik dan menguatkan merek tersebut di kalangan masyarakat luas. Salah satu produk yang telah menggunakan strategi ini adalah produk sampo Sunsilk. Mereka sengaja mengeluarkan beragam varian produk sampo sesuai dengan jenis rambut konsumennya, seperti sampo untuk rambut rontok, rambut berketombe, rambut kering, rambut berminyak, dan lain sebagainya.

2. Perluasan merek (Brand Extension). Strategi ini sering dilakukan beberapa perusahaan besar untuk menguasai pasar. Mereka memanfaatkan merek yang sudah dikenal banyak orang, untuk mengeluarkan produk baru guna menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Lihat saja merek lifebuoy yang dulunya dikenal masyarakat sebagai merek sabun, sekarang mulai melebarkan sayapnya dengan meluncurkan produk handwash (sabun cuci tangan), serta sampo untuk memperluas merek produknya di pasaran.

3. Gunakan strategi multi-merek. Selain menambahkan varian baru pada produk Anda, salah satu strategi pemasaran lainnya yang bisa digunakan yaitu menggunakan tambahan merek untuk kategori produk yang sama. Strategi ini dilakukan para pengusaha untuk menarik minat konsumen dari berbagai kalangan. Contohnya saja seperti perusahaan Indofood yang sengaja meluncurkan merek Indomie, Supermi, serta Sarimi untuk membidik target pasar yang berbeda. Sehingga tidak heran, jika sampai saat ini Indofood berhasil menjadi market leader untuk kategori produk mie instan.

4. Luncurkan merek baru. Jika sebuah perusahaan meluncurkan sebuah produk baru dalam kategori baru, namun tidak memungkinkan untuk menggunakan merek yang sudah ada. Maka tidak ada salahnya jika mereka menawarkan sebuah merek baru bagi produk yang akan mereka luncurkan. Cara ini telah dilakukan oleh Unilever dalam mengembangkan kategori produknya, seperti mengeluarkan merek Pepsodent untuk kategori produk pasta gigi, Blue Band untuk merek margarine, serta masih banyak lagi merek lainnya untuk kategori yang berbeda.

5. Gunakan merek bersama. Yang dimaksud dengan merek bersama yaitu menggabungkan dua atau lebih merek yang sudah terkenal dalam sebuah penawaran. Strategi ini telah dijalankan oleh Aqua-Danone dalam memasarkan produknya.

Dengan mengetahui beberapa strategi merek dalam pemasaran produk, kini saatnya Anda menentukan strategi pemasaran yang seperti apakah yang paling tepat bagi bisnis Anda. Tentukan strateginya dan lakukan sekarang juga


sumber:http://bisnisukm.com/strategi-merek-dalam-pemasaran-produk.html

Kerangka Konseptual Kerjasama Antar Daerah (KAD)

Kebijakan Desentralisasi dan Otonomi Daerah yang efektif dilaksanakan sejak tahun 2001, meningkatkan kesempatan bagi Pemerintah Daerah untuk memberikan alternatif pemecahan-pemecahan inovatif dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapinya. Pemerintah Daerah dituntut untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dasar serta bagaimana meningkatkan kemandirian daerah dalam melaksanakan pembangunan. Berangkat dari fakta sementara, saat ini konsep desentralisasi dan Otonomi Daerah diartikulasikan oleh daerah untuk hanya terfokus pada usaha menata dan mempercepat pembangunan di wilayahnya masing-masing. Penerjemahan seperti ini ternyata belum cukup efisien dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa maju mundurnya satu daerah juga bergantung pada daerah-daerah lain, khususnya daerah yang berdekatan.


Untuk mengoptimalkan potensinya, kerjasama antar daerah dapat menjadi salah satu alternatif inovasi/konsep yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas, sinergis dan saling menguntungkan terutama dalam bidang-bidang yang menyangkut kepentingan lintas wilayah. Kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, melalui berbagai payung regulasi (peraturan pemerintah) mendorong kerjasama antar daerah. Kerjasama diharapkan menjadi satu jembatan yang dapat mengubah potensi konflik kepentingan antardaerah menjadi sebuah potensi pembangunan yang saling menguntungkan.

Kerjasama Antar Daerah (KAD) hanya dapat terbentuk dan berjalan apabila didasarkan pada adanya kesadaran bahwa daerah-daerah tersebut saling membutuhkan untuk mencapai satu tujuan. Oleh karena itu, inisiasi Kerjasama Antar Daerah (KAD) baru dapat berjalan dengan efektif apabila telah ditemukan kesamaan isu, kesamaan kebutuhan atau kesamaan permasalahan. Kesamaan inilah yang dijadikan dasar dalam mempertemukan daerah-daerah yang akan dijadikan mitra.

Kerjasama bisa meningkat atau lebih efektif dalam keberjalanannya apabila ada external support (misalnya dalam hal pendanaan) dan demand public atau permintaan dan dukungan dari masyarakat. Meskipun dua hal tersebut penting, akan tetapi hal utama yang harus mendasari kerjasama tersebut adalah adanya komitmen dari masing-masing Pemerintahan Daerah yang terkait. Komitmen yang dimaksud adalah komitmen untuk bekerjasama dalam penanganan isu-isu yang telah disepakati, dan lebih mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan masing-masing daerah. Komitmen tersebut perlu dimiliki oleh para pejabat, baik pada level teknis, manajerial, maupun pimpinan, sehingga langkah-langkah yang diperlukan, termasuk pemangkasan birokrasi dalam kerjasama dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi gerak.

Mengingat sulitnya mengkoordinasikan pemda-pemda dalam semua aspek kepemerintahan, akan lebih efektif apabila isu/bidang yang ditangani dalam kerjasama itu terfokus pada satu isu/bidang saja atau beberapa bidang prioritas. Perluasan lingkup kerjasama dapat dilakukan kemudian, tergantung pada kondisi/komitmen dari pemda-pemda dan tanggapan dari masyarakat.

Selain itu, yang juga perlu dipikirkan adalah masalah feasibilitas kerjasama, baik secara ekonomi maupun politis. Secara politis karena walau bagaimanapun, keputusan akhir mengenai komitmen untuk bekerjasama adalah sebuah keputusan politis yang harus diambil pada level pimpinan, sehingga diperlukan argumentasi-argumentasi untuk bekerja sama yang cukup menarik secara politis bagi level pimpinan itu. Tentu saja, karena secara politis kerjasama ini harus menarik bagi semua daerah yang terlibat, maka juga harus menguntungkan bagi semua daerah. Prinsip ”saling menguntungkan” inilah yang menjadi salah satu filosofi dasar kerjasama. Secara teoritis, kerjasama dapat dipahami sebagai berikut:
Prinsip Kerjasama Antar Daerah












Isu-isu strategis yang berkaitan dengan urgensi Kerjasama Antar Pemerintah Daerah selama ini adalah :

1. Peningkatan Pelayanan Publik.

Kerjasama antar daerah diharapkan menjadi salah satu metode inovatif dalam meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan publik. Efektivitas dan efisiensi dalam penyediaan sarana dan prasarana pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, air bersih, dan sebagainya juga menjadi issue yang penting, terutama untuk daerah-daerah tertinggal. Peningkatan pelayanan publik ini juga termasuk pembangunan infrastrukutur. Infrastruktur ini bisa mencakup jaringan jalan, pembangkit listrik, dan sebagainya.

2. Kawasan Perbatasan

Kerjasama dalam hal keamanan di kawasan perbatasan juga menjadi salah satu isu strategis. Selain dalam hal keamanan, kerjasama di kawasan-kawasan perbatasan juga difokuskan pada pengembangan wilayah, karena daerah-daerah di kawasan perbatasan ini sebagian besar adalah daerah tertinggal.

3. Tata Ruang

Keterkaitan tata ruang antardaerah diperlukan dalam hal-hal yang dapat mempengaruhi lebih dari satu daerah, seperti Daerah Aliran Sungai (DAS), kawasan lindung, dan sebagainya.

4. Penanggulangan Bencana dan Penanganan Potensi Konflik

Usaha mitigasi bencana dan tindakan pasca bencana, apabila bercermin dari pengalaman di NAD, Alor dan Nabire, serta daerah lainnya, ternyata keadaan ini membutuhkan koordinasi dan kerjasama yang baik antar daerah-daerah yang berdekatan.

5. Kemiskinan dan Pengurangan Disparitas Wilayah

Keterbatasan kemampuan, kapasitas dan sumber daya yang berbeda-beda antar daerah menimbulkan adanya disparitas wilayah dan kemiskinan (kesenjangan sosial). Melalui kerjasama antar daerah, diharapkan terjadi peningkatan kapasitas daerah dalam penggunaan sumber daya secara lebih optimal dan pengembangan ekonomi lokal, dalam rangka menekan angka kemiskinan dan mengurangi disparitas wilayah.

6. Peningkatan peran Provinsi

UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, mengisyaratkan perlunya peningkatan peran provinsi, termasuk dalam memfasilitasi penyelesaian permasalahan-permasalahan antar daerah. Untuk itu diperlukan peningkatan kemampuan provinsi dalam menyelenggarakan/mendorong kerjasama antar daerah (local government cooperation). Peranan ini terutama dalam kapasitas provinsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dan sebagai fasilitator dan katalisator Kerjasama Antar Daerah (KAD).

7. Pemekaran Daerah

Kerjasama Antar Daerah (KAD) dapat menjadi salah satu alternatif lain untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan publik selain kebijakan pemekaran daerah. Hal ini mengingat kebijakan pemekaran memerlukan lebih banyak sumber daya dibanding Kerjasama Antar Daerah (KAD), dan perkembangan daerah otonom baru tidak selalu memberikan hasil seperti yang diinginkan.

Dalam perkembangannya selama ini, sebagian daerah telah memiliki kesadaran sendiri untuk bekerjasama dengan daerah lain dalam berbagai bidang, terkait dengan isu-isu strategis tadi. Meskipun begitu, karena pada awalnya tidak ada kewajiban bagi daerah untuk menginformasikan atau melaporkan pembentukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) baik ke Pemerintah maupun Pemerintah Provinsi, maka belum dilakukan pendataan mengenai apa saja bentukan- bentukan kerjasama yang telah terselenggara di seluruh Indonesia.

Berbagai bentukan kerjasama ini banyak yang telah berkembang sebelum adanya peraturan perundangan yang khusus memayungi Kerjasama Antar Daerah (KAD) dari pemerintah. Akan tetapi, dalam perkembangannya dirasakan bahwa payung peraturan itu memang diperlukan, meskipun pelaksanaan teknis kerjasama itu sendiri akan sangat tergantung dari karakteristik daerah-daerah yang terkait. Peraturan perundangan tersebut misalnya diperlukan sebagai pedoman penyelenggaraan untuk daerah-daerah yang akan membentuk kerjasama dan sebagai pedoman penyelesaian apabila terjadi perselisihan dalam pelaksanaan kerjasama tersebut.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Pemerintah kemudian merumuskan beberapa kebijakan sebagai pedoman penyelenggaraan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Setelah era desentralisasi dan otonomi daerah, kebijakan yang mengatur tentang Kerjasama Antar Daerah (KAD) adalah Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 120/1730/SJ tanggal 13 Juli 2005. Setelah itu, dimulai penyusunan PP mengenai Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang kemudian disahkan pada tahun 2007, yaitu PP No. 50 Tahun 2007 tentang Tatacara Pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah.



Sumber:
Dr. Ir. Antonius Tarigan, M.Si, Buletin Tata Ruang, Maret-April 2009 (Edisi: Meningkatkan Daya Saing Wilayah)
---------------
Kerangka Konseptual Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Kerangka Regulasi Kerjasama Antar Daerah (PP No. 50 Tahun 2007 tentang Tatacara Pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah)
Potensi dan Kendala dalam Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Model Kerjasama Antar Daerah (KAD)
Kerjasama Antar Daerah (KAD) dan Peningkatan Daya Saing Wilayah
---------------

commission-crusher




From: Steve Iser ("The Commission Crusher")


To: The Next Commission Crusher (You)


You don’t even deserve to be on this page.


Because you almost didn't make it here - but lucky for you - you did...

Here, let me ask you a question: have you ever seen an X on a treasure map?


What if I told you, “You’re sitting on it...and you don’t realize it yet…”



What if I told you you’ve just stumbled onto a goldmine beyond anything you could’ve ever dreamed up...



You have no clue as to the power of what you are about to be offered.



But whether you know it or not...



You ARE just 10 clicks (no 6 clicks) away from the ONLY software tool that taps into a completely new... completely unexposed... cash juggernaut that’s about 100 times bigger than Clickbank, the biggest online digital marketplace.



Yeah. I said 100 time BIGGER than Clickbank... and about 200 times bigger than every single Internet marketing launch put together. If you think Internet "Gurus" are banking cash, then you're in for a shock.



We’re talking about a NEW money making universe...




$1000 per day



Without breaking a sweat... and without spending any serious time in front of a computer screen.



You’re about to be handed your own exclusive VIP pass to tap those kinds profits within minutes.





You ain’t in Kansas anymore, Dorthy... and that’s why this may NOT be for you.




scared little girls




My suggestion? Go back to your old life. Another uneventful day being you.



Because...



strategy


Here's who this is NOT for...



This is NOT for you if you’re convinced it’s IMPOSSIBLE to make more while working less or not at all.



This is NOT for you if you are UNEASY about sneaking up on other 8 figure super affiliates and shamelessly pumping a hefty slice of their cash profits effortlessly into your own bank account.



If that sounds like something you’re not ready for...



You might want to go and buy some other crap out there that both of us know doesn't work.



believe it or not



This is NOT for you…



And it will NEVER be for you.



BUT…



If you’re open to the idea of cutting ahead of the pack...



If you can see yourself exploiting technology to work less or barely at all... while laughing all the way to the bank... while everyone else in online remains a slave to the clock...and slave to their workload...



And you want to do it easily...

Make A Healthy Body your Number One Priority


If you are like every other yo-yo dieter out there, chances are you have started and stopped several diet plans with no success. The first week is easy. You’re full of excitement. You tell yourself “this time will be different.” The second week is ok, a little harder than the first but you’re still sticking to it. And then what happens? You bend the rules a bit and start falling back into your old habits. Why does this happen? Why do we go through this vicious cycle? I’ll tell you why. We are focusing on the wrong goal. For whatever reason, we must not perceive our weight loss as being “important enough” to achieve. So what would be “important enough” to stick to our new healthy eating habits? Your HEALTH! Nothing in this world is more important than the state of your health. Think about it, your health affects everything else in your life. Once our health is compromised we automatically change our lifestyle habits. Just look at President Clinton

Professional flight simulator for pilot training

From: Dan Freeman
A.K.A: Flight Sim Enthusiast
DateApril 15, 2011
Dear Flight Enthusiast
My name is Dan Freeman and I've been a flight sim enthusiast for many years. I'm excited to present to you the game that flight fanatics have always wanted. - ProFlightSimulator.
ProFlightSimulator was developed as an alternative to professional flight simulators for pilot training. This is a fully functioning Flight Simulator that puts other flight sims to shame. Here's why:



It's the next best thing to being up there! 

The Most Realistic Flight Sim On The Market


ProFlightSimulator gives you the experience of flight right from your own computer. Everything from terrain, aircraft reactions, to planetary alignments & movements is based on actual world data.
The virtual controls are based on Real Life cockpits and you will find night flying more enjoyable with ground lighting concentrated in urban areas, car headlights on major roadways and accurate airport approach lighting. With realistic flight dynamics and controls...
READ MORE

Health - Foods that FIGHT Abdominal Fat

by Mike Geary - Certified Personal Trainer, Certified Nutrition Specialist
Check out the FREE presentation below for:

  • Surprising foods (that you thought were unhealthy) that actually assist the fat-burning process in your body
  • 3 Foods marketed as "healthy" that actually increase your stomach fat... stay FAR away from these!
  • Weird workouts (scientifically-based) that burn belly fat faster than typical cardio


Men Click Here for your FREE presentation withimportant tips on fat burning foods and weird workouts for guys to lose abdominal fat.


Women Click Here
 for your FREE presentationshowing surprising foods and exercises to help women get a lean flat stomach.


READ MORE

BEDA KLUWIH DENGAN SUKUN


Nama Ilmiah
Artocarpus altilis (Park.) Fsb.

Nama Daerah
Melayu: Gomu
Aceh: Kulu
Batak: Kulur
Minangkabau: Kalawi
Lampung: Kaluwih
Sunda: Kelewih
Jawa: Kluwih
Madura: Kolor
Bali: Kalewih
Bima: Kolo
Timor: Lakuf
Makassar: Gamasi
Selayar: Kuloro
Bugis: Ulo
Seram: Limes, Unas!
Halmahera: Dolai
Indonesia: Kluwih, keluwih, kulur (Sunda)
Inggris: Seeded breadfruit
Melayu: Sukun
Vietnam: Sake
Thailand: Sa-ke
Pilipina: Rimas, kamansi
Botani
Sinonim: Artocarpus communis J.R. & G.A. incisa (Thunb.) L.f.

Klasifikasi

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae / Magnoliopsida
Bangsa/Ordo: Urticales
Suku/Famili: Moraceae
Marga/Genus: Artocarpus
Jenis/Spesies: Artocarpus altilisis / Artocarpus incise (Park.) Fsb.

Ciri-ciri
Habitus: Pohon, tinggi 10-25 m.
Batang: Tegak, bulat, percabangan simpodial, bergetah, permukaan kasar, coklat.
Daun: Tunggal, berseling, lonjong, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi bertoreh, panjang 50-70 cm, lebar 25-50 cm, pertulangan menyirip, tebal, permukaan kasar, hijau.
Bunga: Tunggal, berumah satu, di ketiak daun, bunga jantan silindris, panjang 10-20 cm, kuning, bunga betina bulat, garis tengah 2-5 cm, hijau.
Buah: Semu majemuk, bulat, diameter 10-20 cm, berduri lunak, hijau.
Biji: Bentuk ginjal, panjang 3-5 cm, hitam.
Akar: Tunggang, coklat.

Kandungan Kimia

Bunga dan daun kluwih mengandung saponin, polifenol dan tanin, sedang kulit batangnya mengandung flavonoida, GABA (Gamma Amino Butyric Acid).

Khasiat
Bunga jantan kluwih berkhasiat sebagai obat sakit gigi dan daunnya untuk obat sakit kulit.
Untuk obat sakit gigi dipakai 1 buah bunga jantan kluwih, dibakar sampai rnenjadi arang lalu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan dioleskan pada gusi gigi yang sakit.
Ekstrak daun segar dengan konsentrasi 45% atau daun kering dengan konsentrasi 18% berkasiat dapat menurunkan kadar gula darah dan SGPT, karena ekstrak daun kluwih ini mengandung GABA (Gamma Amino Butyric Acid), Flavonoid dan Polifenol.

Sakit kuning atau penyakit lever adalah penyakit yang mematikan, namun anda jangan takut, penyakit ini gampang dan mudah disembuhkan jika orang tersebut rajin dan tekum menjalani pengobatannya.

Ambillah satu buah sukun, belah menjadi 4 potong dan direbus sampai mendidih, minumlah sebanyak mungkin air rebusan tersebut dan bila perlu setiap minum pakailah air rebusan tersebut selama dua minggu atau lebih maka penyakit lever akan sembuh.
Jika buah sukun susah didapatkan maka daun sukun juga sangat berkhasiat menyembuhkan lever, caranya adalah ambil 10 helai daun sukun yang sudah tua warna kuning, rebus sampai mendidih seperti warna teh, berikan dan minumkan ke penderita air rebusan selama 2 minggu maka sakit lever tersebut sembuh, mudah-mudahan resep ini dapat membantu keluarga yang membutuhkan.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1823111-khasiat-buah-dan-daun-sukun/#ixzz1JZywqpvk

Kerabat Dekat

Mentawa, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, Nangka, Monkey Jack, Klempatak, Keledang, Tampang, Betoh
KLUWIH. Disebut juga kelewih, timbul, sukun, sake dll. Bahasa kerennya seeded breadfruit. Buahnya mirip nangka tetapi daunnya beda jauh dari nangka. Ia berdaun lebar seperti daun jati. Kluwih banyak ditemukan di dataran rendah, tumbuh subur di hampir pelosok wilayah Pulau Jawa.
Kluwih bisa dinikmati sebagai pelengkap sayur asam, atau sayur kluwih semata. Sebagai moraceae alias suku nangka-nangkaan, kluwih memang kalah famor dibanding nangka atau cempedak. Kluwih terlanjur disebut buah udik yang cuma mampu disantap jika sudah diolah. Tidak seperti nangka, cempedak dan sejenisnya, kluwih butuh pendamping untuk bisa menjadi penganan.

Waktu kecil saya sering memanfaatkan bakal buah kluwih gagal (onthel) yaitu bunganya yang lonjong mirip cakue, bakal buah ini gagal menjadi buah yang lezat sehingga ia jatuh dan mengering. Buah gagal ini bisa untuk mengusir nyamuk dengan cara dibakar... Baranya mengeluarkan asap.... mirip pembasmi nyamuk bakar. Tapi seingat saya dulu kalau bakar “obat nyamuk Jawa” ini nyamuk-nyamuk jagoan masih saja berani datang dan melancarkan operasinya…he..he…sudah kebal kali.
Selain itu bunga kluwih yang disebut "onthel" itu jaman dulu suka dipakai sebagai "lampu" kalau berjalan dalam kegelapan malam.

Beda Kluwih Dengan Sukun
Saya mencoba mencari info tentang perbedaan antara sukun dan kluwih. Ternyata kedua tanaman ini satu jenis (A. altilis), hanya kalau sukun itu tak berbiji sedangkan kluwih adalah yang jenis berbiji. Buah sukun di Indonesia seringnya dimasak sebagai makanan kecil, seringnya buah yang tua dan mengandung banyak tepung ini digoreng atau dibuat kolak (dengan santan dan gula merah) atau dijadikan keripik sukun. Sedangkan kluwih seringnya dipetik muda dan dijadikan sayur lodeh.

"Tewel" itu kalau dirumahku dulu dipakai untuk membedakan antara "Jangan Tewel" dengan "Gudeg" yang dibuat dari "gori" atau nangka muda. Jangan tewel sendiri pakai kuah encer seperti lodeh dan dibuat dari kluwih (juga disebut nangka sayur), yang buahnya bundar seperti bola seukuran sukun (breadfrfuit), tetapi kulitnya berduri seperti nangka. Nangka, kluwih dan sukun ... ketiganya dari genus yang sama, Artocarpus, tetapi species yang berbeda:

Nangka - Artocarpus integra
Kluwih - Artocarpus incise
Sukun - Artocarpus altilis

Nangka, sukun dan kluwih menu makanan jenis ini terkenal di pedesaan, tetapi masalah kelezatan tidak kalah dengan menu-menu impor… peluang bisnis untuk menu restro bernuansa back to nature.

Cara Memilih Produk Clickbank Untuk Promosi

Memilih Produk Affiliate Marketing Untuk Monetasi Blog bisa kita lakukan di beberapa situs. Jutaan hingga milyaran produk yang dipasarkan melalui program afiliasi (affiliate marketing) saat ini tersebar di mana-mana di Internet. Dalam TIPS Memilih Produk Affiliate Marketing kita bahas untuk tidak memilih produk fisik (hard product), dan produk yang paling baik adalah produk nonfisik (soft product), atau yang lebih spesifik adalah produk informasi atau yang dapat di download. Salah satu alasannya yaitu sesuai dengan poin 3 dalam TIPS Memilih Produk Afiliasimengenai besarnya komisi dari produk ini yang bisa hingga 100% bahkan lebih dan kita hampir tidak butuh modal untuk itu.
Dari sekian banyak situs, ada satu situs yang merupakan tempat terbaik untuk mencari produk informasi yang dapat didownload seperti itu terutama bagi blogger pemula seperti kita. Pilihan tempat terbaik tersebut adalah clickbank karena sudah memenuhi beberapa TIPS-TIPS Memilih Produk Affiliate Marketing.

Langkah memilih produk di clickbank

Langkah 1: Masuk ke situs clickbank

Silahkan langsung kunjungi situs clickbank atau klik logo clickbank diatas.

Langkah 2: Masuk ke bagian “Marketplace” clickbank

Klik di bagian “Marketplace” dan akan tampil daftar kategori produk yang bisa kita pilih.

Langkah 3: Pilih kategori produk

Pilih salah satu kategori yang kita minati atau lebih baik lagi jika kita punya keahlian dan banyak pengetahuan pada salah satu kategori yang ada. Atau cukup masukkan keahlian atau apa yang kita minati di kolom keywords lalu klik saja “GO”. Bila sama sekali tidak ada, sebaiknya pilih kategori “Business to Business” karena kategori ini yang umumnya memberikan penjualan terbaik. Dari sini akan tampil semua produk berdasarkan urutan popularitasnya.

Langkah 4: Perhatikan statistik/data yang berada dibawah masing-masing produk.

Contohnya untuk no 1:
$/sale: $37.62 | Future $: 103.36 | Total $/sale: $136.80 | %/sale: 50.0% | %refd: 85.0% | grav: 398.84
  • $/sale: $37.62 adalah jumlah yang akan kita hasilkan jika kita mempromosikan produk mereka dan membuat penjualan. $37.62 tentunya jumlah yang lebih baik dibandingkan bila kita menjual produk fisik yang biasanya hanya memberikan $5.00 :-)
  • Future $: 103.36 adalah biaya per bulan untuk produk yang pembelian atau pembayarannya berupa sistem tagihan bulanan, misalnya biaya keanggotaan untuk training. Ini adalah produk yang sangat baik untuk di promosikan, karena kita juga memiliki peluang untuk mendapat komisi bulanan.
  • Total $/sale:136.80 adalah jumlah uang yang akan kita hasilkan bila kita menjual produk tersebut pada hari itu. Bedanya dengan $/sale adalah $/sale merupakan jumlah rata-rata, termasuk pengembalian atas pembayaran yang telah dilakukan pelanggan.
  • %/sale:50% adalah persentase komisi. Jadi, jika produk berharga $100, maka kita akan memperoleh $50 per penjualan.
  • %refd: 85% adalah persentase penjualan produk yang dilakukan oleh affiliate mereka. Untuk contoh di atas, 50% penjualan produk mereka dilakukan oleh affiliate.
  • Grav: 398.84 merupakan singkatan dari gravity. Ini adalah jumlah affiliate yang telah melakukan 1 atau lebih penjualan produk ini dalam 8 minggu terakhir. Jumlah ini perlu kita ketahui karena sangat membantu untuk informasi peluang menjual produk ini. Pada contoh di atas kita bisa ketahui bahwa 398.84 orang berhasil melakukan penjualan produk ini dalam 8 minggu terakhir. Wow.. berarti sangat memungkinkan untuk menjual produk ini sebagai affiliate.

Langkah 5: Seleksi produk berdasarkan 4 poin data statistik.

Dari nilai diatas yang perlu kita perhatikan hanya 4 hal, yaitu:
  1. Urutan popularitas produk tersebut.
  2. Untuk produk diatas berada pada urutan pertama, ini tentunya produk yang sangat kompetitif untuk kita promosikan sebagai blogger pemula. Begitu juga dengan produk nomor 2. Sebaiknya kita mulai dari nomor 3 dan seterusnya.
  3. Nilai Total $/sale
  4. Tentunya akan menjadi motivasi yang baik bila kita tahu berapa banyak yang bisa kita hasilkan dari penjualan satu produk tersebut. Kita bisa memilih nilai total $/sale berapapun, dan jangan berpikir orang tidak akan membeli produk yang berharga mahal karena kita tidak bisa membelinya. Orang lain mungkin punya lebih banyak dana dibanding kita, jadi bukan berarti jika kita tidak bisa membeli suatu produk berarti orang lain juga tidak.
  5. %/sale
  6. Sebaiknya promosikan produk yang memiliki minimum 50%/sale, dan jangan khawatir karena hampir semua produk di clickbank memiliki %/sale lebih dari 50%.
  7. Gravity
  8. Ini adalah salah satu hal paling penting dari suatu produk, yang menandakan peluang kita untuk menjual suatu produk. Makin besar nilai ini akan makin bagus, yang menandakan sudah banyak orang yang berhasil menjual produk tersebut. Kuncinya adalah jika orang lain bisa, mengapa kita tidak? Kita pasti bisa melakukan apa yang mereka lakukan. Jika perlu, kita copy apa yang mereka lakukan agar berhasil.
Langkah 6: Seleksi produk berdasarkan halaman penjualan (pitch page).
Lihat halaman penjualan setiap produk yang menarik berdasarkan kriteria 4 point diatas, dengan klik pada link “view pitch page”. Produk-produk ini disusun berdasarkan urutan produk yang paling banyak menghasilkan uang hingga produk yang paling sedikit menghasilkan uang pada affiliate. 3 hal yang perlu kita perhatikan pada halaman promosi penjualan suatu produk adalah:
  • Desain halaman dan tulisan.
  • Lihat apakah desain halaman dan tulisannya cukup professional atau hanya dibuat seadanya. Lihat juga apakah ada logo headernya. Jika desainnya terlihat amatiran atau bahkan gratis, tentunya produk ini tidak berhasil terjual dengan baik.
  • Ada Form Opt In (Input Data Pelanggan)
  • Ini adalah form di mana pemilik produk mengumpulkan nama dan email pengunjung sehingga mereka bisa melakukan follow-up pada pengunjung dan mencoba menjual produk mereka. Ini tentunya memperbesar peluang produk tersebut laku terjual.
  • Ada banyak testimoni atau bukti hasil
  • Apakah ada banyak testimoni atau bukti hasil di halaman penjualan maupun link yang menunjukkan keberhasilan produk tersebut. Hal ini bisa berupa tulisan dari pelanggan yang puas, gambar bukti penghasilan, video yang menunjukkan kesuksesan, dll. Jika tidak ada atau hanya sedikit testimoni, berarti produk tersebut kemungkinan besar tidak terjual dengan baik dan tentunya kurang baik untuk kita promosikan.
Beberapa contoh produk yang memiliki halaman penjualan yang sangat baik dan memenuhi kriteria di atas adalah:
Silahkan kunjungi situs-situs diatas untuk melihat bagaimana contoh halaman penjualan yang baik.
Langkah 7: Catat Produk yang dipilih.
Setelah mendapatkan minimal 10 produk berdasarkan kriteria di atas, buat file excel dengan 4 kolom Tanggal, Nama Produk, Urutan popularitas, dan Gravity dan catat nama produk, urutan popularitas, dan tanggal hari ini dalam file excel yang telah kita buat.
Langkah 8: Amati urutan popularitas dan gravity dari 10 produk tersebut minimum 1 minggu.
Hal ini penting, untuk mendapatkan produk yang benar-benar tepat karena suatu produk bisa saja memiliki popularitas tertinggi pada hari ini, namun berubah pada esok hari, minggu depan, atau bulan depan. Begitu pun dengan gravity, dimana bisa saja suatu produk berhasil dijual banyak pada hari ini, dan meningkat atau menurun dalam beberapa hari. Sementara Nilai Total $/sale dan %/sale umumnya tidak banyak perubahan selama beberapa minggu/bulan.
Makin lama kita bisa lakukan ini, makin yakin kita produk tersebut menguntungkan dan tepat untuk dipromosikan.
Langkah 9: Pilih Produk Dengan Gravity Meningkat / Tetap
Setelah seminggu, lihat gravity produk yang meningkat secara drastic atau menurun secara drastis. Bila makin meningkat berarti makin banyak orang mempromosikan dan berhasil menjual produk ini. Jika tidak tentunya nilai gravity akan makin menurun.
Pilih 3-5 produk dari 10 produk tersebut untuk kita promosikan di blog kita.
Langkah 10: Daftar sebagai Affiliate Tiap Produk Pilihan.
Klik pada link “Hoplink” untuk mendaftar sebagai affiliate untuk produk tersebut, dan akan tampil halaman Hoplink
Masukkan nickname clickbank kita, dan klik create. Tracking ID bisa kita tentukan sendiri, atau kita kosongkan dan akan dibuatkan otomatis. Bila belum punya akun clickbank, silahkan langsung daftar di sini. Setelah klik create, link afiliasi akan ditampilkan dan link ini yang akan kita gunakan untuk promosi di blog kita.
Kesimpulan
Dalam banyak kasus, setelah 1 minggu, biasanya tidak ada perubahan yang berarti pada urutan popularitas maupun gravity. Namun ini bisa memberikan kita sedikit kejelasan apakah suatu produk baik untuk dipromosikan atau tidak. Jika kita bisa melakukannya dalam 2 – 3 bulan, akan lebih jelas apakah sudatu produk baik atau tidak untuk dipromosikan.
Mungkin kita merasa ini memakan waktu dan sangat lama, dan kita tidak punya cukup waktu untuk mengecek statistik suatu produk setiap hari dalam waktu 2 – 3 bulan. Karena itu kita perlu memanfaatkan software untuk melakukan itu, dan banyak affiliate sukses yang sudah memanfaatkan software. Software yang paling baik saat ini adalah affiliate elite yang membantu kita melakukan pengamatan terhadap produk di clickbank. Kita tidak akan membahas tentang software ini, jadi silahkan kunjungi langsung ke situsaffiliateelite untuk lebih detail apa saja kelebihan dari software tersebut.